Gak ada gading yang gak retak.
Dibalik banyak kelebihan Yamaha V-Ixion
seperti frame deltabox, water radiator, fuel injection, monoshock
suspension, dan desain body yg ciamik, ternyata gw berhasil nemuin satu
kekurangan fatal si vixy.
Yang gw maksud adalah baut pengikat kunci kontak ke stang motor.
Penasaran, gini penjelasannya..
Layaknya motor2 ‘laki’ lainnya, kunci
kontak vixion terletak di antara stang dan speedometer. Ni kunci nempel
ke segitiga stang dengan ngandelin 2 baut yg tersembunyi di bagian bawah
segitiga [Penyangga-1 dan Penyangga-2]
Posisi ini memungkin kan kunci kontak
buat ngeluarin ‘tongolan’ buat nahan bagian (a) [lihat gambar] sewaktu
kunci diposisikan ke ‘lock’, alhasil stang pun terkunci dan gak bisa
digerak2in. Kl ni baut dua2nya lepas, otomatis rumah kunci kontak
semuanya copot, dan stang gak kekunci lagi. Kurang lebih gitulah
gambaran umum mekanisme penguncian stang di vixion.
CELAKANYA..
kedua baut di penyangga-1 dan penyangga-2
itu cuma baut biasa yang dipasang terbalik pula, yang namanya baut,
dikencengin sekuat apapun, kl keseringan kena getaran tetep kebuka2
juga.
CELAKANYA LAGI..
Ni baut walaupun dah di posisi paling
kenceng, kepala baut tetep nongol dikit, alhasil kl emng maling niat,
bawa kunci kecil buat buka tuh baut, dapet deh satu motor.
[lho kq??]
iyalah, kl kedua baut udah dibuka, kan stang udah gak kekunci, dapet deh.
[tapi kan mesin ttp gak nyala]
kabel2nya kan ngejulur tuh, tinggal putusin semua trs sambungin kabel yg buat alirin listrik, idup deh tuh motor.
[tapi kan ribet]
ya walaupun ribet, dalam arti gak
segampang pake kunci T, tetep aja gak ada salahnya kita memperkecil
kemungkinan raibnya motor gara2 kelalaian kita sendiri.
Solusi..
Yang paling simple, setiap service rutin, minta tolong mekanik untuk ngencengin kedua baut tadi.
Kl Solusi yg agak beribet dikit, tambah perangkat keamanan dan guinakan kapanpun dimanapun, termasuk di halaman rumah sendiri.
Bisa Alarm, kunci piringan cakram, pasang gembok di standar tengah, dll.
Walaupun sedikit ngerepotin tapi gak serepot kl motornya ilang kan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar