Blogger Widgets

Menu Bar

Klik Tombol Shownya ya sob

Selasa, 19 Juni 2012

Kabel kopling V-ixion putus? Kok kayak Vespa..?

Tragedi..
Anda sering pake vespa? Tapi bukan vespa matic yg sekarang beredar lho.. yg gw maksud adalah vespa lawas 2tak yg gigi nya ada di handle sebelah kiri, ni motor penyakitnya gak banyak, yg paling lazim ada 2, pertama.. busi gosong + kebanjiran, kedua.. kabel kopling putus.
Okelah wajar, vespa kan pindah giginya pake acara diputer2 tuh, mgkn sering kepilin2 gt jd krg lebih ngaruh ke daya tahan kabel kopling.
Celakanya.. vixion tercinta ternyata terdeteksi punya penyakit yg sama, di tahun kedua, gak ada angin dan gak ada ujan, eh tesss… kabel kopling vixy putus.
Kok bisa? Monggo cekidot

biar jelas putusnya gimana, ini gambarnya
Pas bgt putusnya di sambungan ke bandulnya.

Sebab :
Ada satu benda yg jadi tersangka utama, yaitu handle adjustable ride it [reviewnya klik disini]
Karena kan yg beda antara vixy gw dgn yg standar dari segi kerja kopling cuma ini aja
tapi ternyata..
 gak salahnya si handle juga, ceritanya dulu iseng ngencengin kabel kopling biar jarak main kosongnya lebih kecil, dikencengin dari puteran yg di deket handle, kedaleman kayaknya, efeknya malah kabel kopling kegerus tiap handle kopling ditarik, lama kelamaan kegerus terus jadi putus.

Solusi :
Mau gak mau beli kabel kopling baru, bisa dibeli di BeRes Yamaha seharga Rp 31.000,- (persis kayak di web sparepart yamaha)
Berhubung ni kabel putus dikosan, gak mungkin juga motor nya didorong k BeRes, mau gak mau pasang sendiri dikosan.
Caranya ternyata gampang, ni kabel cuma disangkutin aja, ujung yg satu di handle dan ujung satunya lagi diatas blok mesin sebelah kiri.
Begini step by step nya:

- Kendurkan mur yg dilingkari warna merah, hingga bisa dilepas dengan mudah dari posisinya di lingkaran putih.
- Keluarkan kabel dari lengan yg di lingkaran biru.
- Kl udah dicopot, tinggal pasang kabel yg baru dengan cara kebalikan dari sewaktu kita melepasnya.

- Untuk melepas kabel lama, kendurkan pengunci di lingkaran biru, dimulai dari yg ukurannya lebih besar, baru ke yg kecil.
- Lepaskan ujung kabel dari tempat nyangkutnya di lingkaran merah [lihat dari bawah]
- Pasang kembali kabel baru, caranya reverse aja dari cara melepasnya tadi.
- Untuk mengencangkan, boleh dari pengunci yg di dekat handle, atau boleh juga dari bawah yg di dekat blok mesin, sama aja.
Penting :
Nah biar gak putus gara2 kegerus lagi, kl kencengin jarak main kopling, jgn ngencengin dari bagian handle, cukup kencengin dari bawah aja (deket mesin).

Sumber : http://kisanak-jopir.co.cc/

1 komentar: