Tragedi..
Anda sering pake vespa? Tapi bukan vespa
matic yg sekarang beredar lho.. yg gw maksud adalah vespa lawas 2tak yg
gigi nya ada di handle sebelah kiri, ni motor penyakitnya gak banyak, yg
paling lazim ada 2, pertama.. busi gosong + kebanjiran, kedua.. kabel
kopling putus.
Okelah wajar, vespa kan pindah giginya
pake acara diputer2 tuh, mgkn sering kepilin2 gt jd krg lebih ngaruh ke
daya tahan kabel kopling.
Celakanya.. vixion tercinta ternyata
terdeteksi punya penyakit yg sama, di tahun kedua, gak ada angin dan gak
ada ujan, eh tesss… kabel kopling vixy putus.
Kok bisa? Monggo cekidot
biar jelas putusnya gimana, ini gambarnya
Pas bgt putusnya di sambungan ke bandulnya.
Sebab :
Ada satu benda yg jadi tersangka utama, yaitu handle adjustable ride it [reviewnya klik disini]
Karena kan yg beda antara vixy gw dgn yg standar dari segi kerja kopling cuma ini aja
tapi ternyata..
gak salahnya si handle juga, ceritanya
dulu iseng ngencengin kabel kopling biar jarak main kosongnya lebih
kecil, dikencengin dari puteran yg di deket handle, kedaleman kayaknya,
efeknya malah kabel kopling kegerus tiap handle kopling ditarik, lama
kelamaan kegerus terus jadi putus.
Solusi :
Mau gak mau beli kabel kopling baru, bisa dibeli di BeRes Yamaha seharga Rp 31.000,- (persis kayak di web sparepart yamaha)
Berhubung ni kabel putus dikosan, gak mungkin juga motor nya didorong k BeRes, mau gak mau pasang sendiri dikosan.
Caranya ternyata gampang, ni kabel cuma
disangkutin aja, ujung yg satu di handle dan ujung satunya lagi diatas
blok mesin sebelah kiri.
Begini step by step nya:
- Kendurkan mur yg dilingkari warna merah, hingga bisa dilepas dengan mudah dari posisinya di lingkaran putih.
- Keluarkan kabel dari lengan yg di lingkaran biru.
- Kl udah dicopot, tinggal pasang kabel yg baru dengan cara kebalikan dari sewaktu kita melepasnya.
- Untuk melepas kabel lama, kendurkan pengunci di lingkaran biru, dimulai dari yg ukurannya lebih besar, baru ke yg kecil.
- Lepaskan ujung kabel dari tempat nyangkutnya di lingkaran merah [lihat dari bawah]
- Pasang kembali kabel baru, caranya reverse aja dari cara melepasnya tadi.
- Untuk mengencangkan, boleh dari pengunci yg di dekat handle, atau boleh juga dari bawah yg di dekat blok mesin, sama aja.
Penting :
Nah biar gak putus gara2 kegerus lagi, kl kencengin jarak main
kopling, jgn ngencengin dari bagian handle, cukup kencengin dari bawah
aja (deket mesin).
Sumber : http://kisanak-jopir.co.cc/
terimakasih Gan, artikel ini sangat membantu
BalasHapus