Blogger Widgets

Menu Bar

Klik Tombol Shownya ya sob

Kamis, 21 Juni 2012

Kenali Kondisi Mesin Kendaraan dari Kondisi Fisik Busi


Busi bisa dibilang nyawa dari suatu mesin kendaraan bermotor. Ni “mahluk” fungsinya buat ngehasilin percikan api yang digunain mesin untuk ngebakar campuran bahan bakar dan udara di dalam dapur pacu. Kebayang kan?? berarti busi juga punya peranan penting.
Nah di artikel ini gw bakal nginformasiin satu lagi kegunaan mahluk bernama busi. Yaitu buat mengetahui gimana kondisi mesin kita, sehat wal afiat kah? ato mungkin ada settingan yg gak pas? Ato bahkan ni mesin diambang kehancuran.
Caranya adalah dengan melihat kondisi fisik elektroda dari busi yg kita pakai di mesin. Beda kondisi mesin, beda pula kondisi elektroda nya.
Berikut beberapa contoh kondisi fisik elektroda, penyebab dan cara penyelesaiannya.
1. Normal
Ciri :
- Elektroda berwarna putih atau coklat muda cerah.
- Mesin dapat digunakan dgn baik, dari start sampai dipake jalan gak ada masalah.
Artinya :
Ini dia kondisi yg kita idam2kan, mesin dalam keadaan baik jasmani dan rohani :D
.
2. Endapan Karbon.
Ciri :
- Terjadi endapan bubuk karbon kering berwarna hitam gelap di [hampir] seluruh bagian elektroda busi.
- Start mesin agak susah, lambat nyala.
- Pada kecepatan rendah, mesin sering brebet dan akselerasi terasa berat.
Penyebab :
- Ukuran panas busi gak sesuai kebutuhan mesin.
- Mesin sering “dipanasin” [idle] dalam jangka waktu yg lama.
- Campuran BBM kaya.
- Saringan udara dilepas, atau kondisi saringan udara udah gak mampu untuk nge-filter udara yg masuk.
Cara Memperbaiki :
- Gunakan busi yg ukuran panas nya sesuai anjuran mesin [normal].
- Jangan manasin mesin kelewat lama, idealnya 1-2 menit.
- Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
- Gunakan saringan udara yang baik.
.
3.  Endapan Oli.
Ciri :
- Terdapat oli basah atau bahan bakar di elektroda busi.
- Start mesin agak susah, lambat nyala.
- Pada kecepatan rendah, mesin sering brebet dan akselerasi terasa berat.
Penyebab :
- Piston “bocor”
- Campuran BBM kaya.
Cara Memperbaiki :
- Saatnya overhaul / turun mesin.
- Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
.
4. Overheating [Panas Berlebih].
Ciri :
- Insulator berwarna putih cerah
- Elektroda berwarna putih atau ungu gelap karna terbakar.
- Horse Power menurun.
- Kl dipake di kecepatan tinggi dalam waktu yg cukup lama, terjadi penurunan kecepatan yg drastis.
Penyebab :
- Ukuran panas busi tidak sesuai kebutuhan mesin.
- Penggunaan bahan bakar yg oktannya dibawah kebutuhan mesin.
- campuran BBM miskin.
- Proses pendinginan mesin kurang.
Cara Memperbaiki :
- Gunakan busi dengan tingkat panas lebih tinggi dari yang digunakan sekarang.
- Gunakan BBM yg nilai oktannya sesuai kompresi mesin.
- Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
- Perbaiki sitem pendinginan mesin.
.
5. Busi terbakar [Gosong].
Ciri :
- Elektroda dan Insulator meleleh.
- Mesin gak bisa hidup, kepala piston otomatis rusak.
Penyebab :
- Overheating yg terjadi dalam jangka waktu lama.
- Penggunaan bahan bakar yg oktannya dibawah kebutuhan mesin.
- campuran BBM miskin.
- Proses pendinginan mesin kurang.
Cara Memperbaiki :
- Gunakan busi dengan tingkat panas lebih tinggi dari yang digunakan sekarang.
- Gunakan BBM yg nilai oktannya sesuai kompresi mesin.
- Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
- Perbaiki sitem pendinginan mesin.
.
6. Insulator Hancur.
Ciri :
- Insulator terjadi retakan secara vertikal.
- Dalam kasus ekstrim, insulator terkelupas dari elektroda.
- Horse Power menurun.
- Kl dipake di kecepatan tinggi dalam waktu yg cukup lama, terjadi penurunan kecepatan yg drastis.
Penyebab :
- Ukuran panas busi tidak sesuai kebutuhan mesin.
- Penggunaan bahan bakar yg oktannya dibawah kebutuhan mesin.
- campuran BBM miskin.
- Proses pendinginan mesin kurang.
Cara Memperbaiki :
- Gunakan busi dengan tingkat panas lebih tinggi dari yang digunakan sekarang.
- Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
- Perbaiki sitem pendinginan mesin.
.
Nah, sekarang saatnya,
Cek busi di kendaraan anda, pastikan mesin dalam kondisi baik, kl nggak, ibarat bom waktu, tinggal tunggu kebinasaan kendaraan kesayangan anda.

Sumber : http://jopir.wordpress.com/2009/12/09/kenali-kondisi-mesin-kendaraan-dari-kondisi-fisik-busi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar