Blogger Widgets

Menu Bar

Klik Tombol Shownya ya sob

Selasa, 06 Maret 2012

Tips Aman Berkendara

Saya akan sedikit memberi tips aman berkendara, karena saya seorang pengguna sepeda motor(emang gak bisa nyetir mobil :-D ) tips ini khusus untuk anda yang juga pengendara motor.

 

Persiapan sebelum berkendara

Sebelum berkendara ada beberapa hal yang harus teman-teman persiapkan, baik itu dari kendaraan maupun diri teman-teman sendiri.
  1. Cek ban, pastikan ban motor tidak kekurangan angin(baca: kempes) atau malah terlalu keras.
  2. Cek rem, rem salah satu bagian motor yang sangat penting. Coba periksa apakah rem depan dan rem belakang motor berfungsi.
  3. Pastikan tangki bensin anda terisi, percuma ban tidak bocor, rem berfungsi tapi motor gak ada bensinnya. Sama aja bohong, masa mau di dorong.
  4. Cek apakah lampu utama, lampu sen dan lampu rem anda nyala
  5. Pasang kaca spion di kanan dan kiri setir motor.
  6. Persiapan yang tidak kalah penting adalah diri anda sendiri. Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan fit dan tidak mengantuk.

Perlengkapan berkendara/Riding Gear

Jika sepeda motor tidak bermasalah dan teman-teman dalam keadaan yang fit, saatnya teman-teman memakai perlengkapan penting saat berkendara.
  1. Helm, apapun merk helmnya pastikan helm teman-teman berstandard SNI. Pastikan helm terkunci dengan rapat dan berbunyi klik saat menguncinya.
  2. Kenakan pakaian lengan panjang/jaket dan celana panjang. walau tidak harus ini sangat dianjurkan karena dapat mengurangi luka gores ketika terjatuh.
  3. Sepatu bertumit dan tapak sepatu yang tidak mudah slip sangat dianjurkan. Jika teman-teman mengendarai sepeda motor sport, agar lebih aman kenakan sepatu boots.
  4. Pakailah sarung tangan kulit yang memudahkan tangan untuk bebas bergerak, untuk melindungi tangan dari luka gores.

Jangan sungkan memberi tanda lampu

Kesalahan yang sering dilakukan pengendara motor dan yang menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu-lintas adalah sungkan untuk memberi tanda  lampu. Baik ketika akan belok, pindah jalur maupun pada saat akan menepi. Kesalahan ini sangat fatal dan membahayakan pengguna jalan lain.
Hal ini terjadi karena para pengendara motor kurang menyadari bahwa lampu motor terutama lampu sen, bukanlah hiasan pada motor semata. Mereka memiliki fungsi yang cukup penting, bahkan sampai warna lampu pun sudah memiliki standar.
Karena itu jangan sungkan untu memberi tanda lampu setiap akan berbelok, pindah jalur maupun untuk menepi di jalan.

 

Lindungi diri anda dan pengguna jalan lain

Satu hal yang paling penting saat berkendara, TAATILAH RAMBU-RAMBU LALU LINTAS. Mulailah berpikir bahwa rambu lalu-lintas dibuat bukan untuk mengatur kita, tapi untuk melindungi kita dan pengguna jalan lainnya.



Sumber :  http://sangpenjelajahmalam.com/2010/12/22/blogger-for-safety-riding-tips-aman-berkendara/

3 komentar:

  1. sebaiknya menggunakan jaket motor yang tahan air dan anti angin dan tentunya menggunakan protektor untuk meminimalisir luka akibat kecelakaan

    BalasHapus
  2. masukan yg bagus tuh mas broo. . .

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus