Blogger Widgets

Menu Bar

Klik Tombol Shownya ya sob

Jumat, 14 Oktober 2011


Otak adalah bagian terpenting dari tubuh. Semua aktifitas yang kita lakukan telah terprogram dengan baik di dalam otak. Otak tersusun atas milyaran sel yang mempunyai fungsi masing-masing. Salah satu fungsi otak yang sangat penting adalah sebagai organ yang digunakan untuk berfikir dan mengingat.
Namun, kemampuan otak setiap individu berbeda. Ada yang daya ingatnya kuat, ada yang daya ingatnya lemah. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor diantaranya usia, gizi, kebiasaan dan yang lainnya. Jika otak kita terus diasah dan mendapat nutrisi yang cukup, kemungkinan kinerja otak kita bisa meningkat. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak kita :

1. Biasakan Makan Teratur.
Otak membutuhkan suplai energi yang cukup untuk memaksimalkan kinerjanya. Sama dengan organ tubuh yang lain, apabila tidak ada energi maka kinerjanyapun akan menurun. Maka usahakan makan secara teratur sesuai pada waktunya untuk mensuplai energi pada tubuh kita, terutama otak kita.

2. Istirahat yang Cukup.
Kita tahu bahwa sesuatu butuh waktu untuk istirahat untuk mengembalikan kondisi dari kelelahan kembali menjadi bugar kembali. Contohnya jika anda lelah berlari, maka anda akan melakukan istirahat. Begitupun dengan otak kita, jangan kita paksa otak kita untuk berfikir terus menerus. Kasih waktu untuk istirahat yang cukup. Jangan berlebihan pada waktu istirahat, karna hanya akan membuat organ kita semakin malas terutama otak.

3. Hindari Rokok.
Menurut beberapa pendapat, asap rokok mengandung racun berbahaya yang mampu menyusutkan fungsi otak kita. Tak jarang para perokok baik aktif maupun pasif banyak yang menderita pikun. Hal ini mungkin dikarenakan fungsi otak yang menurun akibat asap rokok. Selain itu, asap rokok juga mengganggu suplai oksigen segar ke otak kita.

4. Hindari Alkohol
Kita semua tahu, bahwa minuman beralkohol mampu membawa peminumnya ke dalam fikiran tidak sadar mereka. Dalam agama pun alkohol juga dilarang karena bisa merusak syaraf dan pikiran kita, sehingga seakan kita terkesan seperti orang gila. Oleh karena itu hindari minuman berlalkohol.

5. Olahraga Teratur.
Olahraga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh kita, termasuk juga otak. Tapi ingat berolahragalah teratur, jangan terlalu jarang atau bahkan berlebihan karena justru akan membuat organ kita tidak terbiasa dengan olahraga.

Itulah tips yang mungkin bisa anda coba dirumah. semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber : http://pirlyyyy-dot-com.blogspot.com/2011/10/tips-memaksimalkan-kinerja-otak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar