Blogger Widgets

Menu Bar

Klik Tombol Shownya ya sob

Selasa, 03 Juli 2012

Urus Sendiri Perpanjangan STNK yuk..



Emang urusan panjang2in gini kan sensitif nih, makanya ane agak tergerak untuk bikin artikel tentang hal ini.
Dari analisa ane, banyak pengendara kendaraan Bermotor enggan ngurus sendiri perpanjangan STNK, padahal hal ini mau gak mau harus dilakuin tiap tahunnya.

Banyak alasan, mulai dari gak punya waktu, males, ribet, gak mau capek, takut, dll
Nah, Ternyata ngurusnya gak ribet kok.
Buat yg pengen tahu gimana cara perpanjang STNK, monggo cekidot


Tepat tanggal 02 Juli 2012, STNK si vixy udah harus diperpanjang utk yang kedua kalinya, dulu pas tahun pertama ane masih "meraba-raba" gimana cara ngurus perpanjangan STNK sendiri.
Urusan perpanjangan STNK ini dilakukan di Kantor Samsat Pematang Siantar.
1. Pukul 09:30 WIB
Berangkat ke Kantor Samsat Kota Pematang Siantar

2. Pukul 09:45 WIB
Sampai di gerbang masuk kantor Samsat, dicegat oleh petugas parkir liar tapi resmi berpakaian bebas yg beroperasi di dalam kantor samsat [ternyata parkirnya gak pake satpam resmi], dan ditawarin untuk “dibantu” urus perpanjangan STNK, ditarif Rp 15 ribu saja [ternyata selain urusin parkir, nyambi calo juga].


3. Pukul 09:49 WIB
Dapet celah buat parkir motor di tengah awut2annya parkiran[gak ada yg atur], dan lagi2 ditawarin untuk “dibantu” oleh orang yg gak tau muncul darimana. [calo kedua Mas Bro]

4. Pukul 09:52 WIB
Jalan dari parkiran ke tempat fotocopy berkas, petugas fotocopynya uda ngerti tuh berapa rangkap yg harus dicopy berkas2 kita td (BPKB, STNK & KTP) plus ditambah MAP berwarna kuning.
Nih penampakannya....

selanjutnya setelah selesai mengcopy berkas, lalu menuju pintu masuk gedung samsat, ditawarin lagi untuk dibantu oleh orang2 yg berdiri di sepanjang jalan [kumpulancalo ketiga]

5. Pukul 09:58 WIB
masuk ke gedung, terlihat satu petugas perempuan berseragam polisi di pintu depan gedung [Ada help desk nya], nih petugas agak cekatan juga buat bantuin kita yg ingin ngurus perpanjangan STNK....

6. Pukul 10:00 WIB
Terus menuju Loket 1 (disitu ada 2 petugas, yg 1 ngurus untuk kota pematang siantar, 1 nya lg untuk daerah simalungun), ke tempat pengambilan formulir, dikasih Cuma2 [formulir gratis], dapet 1 formulir isian biasa, dan 1 lembar pengesahan, tinggal diisi sesuai stnk dan BPKB [gampang gan]
Sewaktu ngisi formulir, lebih banyak lagi yang dateng menawarkan “bantuan” [calo lagi gan]
Nih penampakan calo yang sedang berkeliaran...(jenis2 calonya banyka juga tuh mas bro, ada cowok, cewek, cewok, cowek,, wkwkwkwwkk)

7. Pukul 10:05 WIB
Lalu kembali lagi nih ke petugas td (Poin 5) biar dia jelasin tuh langkah2 berikutnya kemana nih berkas STNK harus di bawa jln2 (macam yang mau turing aja), maklum, bnyk bagian2 kantornya, lebih kurang, kita ngunjungi 4 bagian kantor tuh diluar kantor utama samsatnya (masih didalam area gedung samsat juga).

8. Pukul 10:10 WIB
Selesai keliling2 (melaksakan tugas di poin 7), kembali lg ke gedung samsat utama, trus kita jumpai lagi tuh petugas yg td (yang ada di Poin 5) untuk mengatur formasi berkas (macam mau main bola aja nih sampe buat2 formasi segala), setelah selesai ngatur formasi berkas, ngmbil nomor antrian 2 rangkap (nih penampakannya)

lalu nyerahin berkas ke loket 1, dan tunggu. Yg harus dilampirkan sewaktu perpanjangan STNK :
- Asli dan Foto Copy KTP
- Asli dan Foto Copy BPKP [Asli cuma untuk ditunjukkan aja]
- Asli dan Foto Copy STNK
- Formulir dan lembar pengesahan.

9. Pukul 10:13 WIB
Dipanggil kembali ke Loket 1, dikasih tanda terima berkas diterima lengkap, llu berkas diantar ke loket 2, sampe disini ntar jgn lupa ya, BKPB yang aslinya langsung disimpan kedalam kantong aja, ntar kalo kita teledor, bisa berabe lagi...

10. Pukul 10:18 WIB
Dipanggil di loket 3, Petugas loket mulangin (mengembalikan) KTP asli kita. trus nunggu lagi
nih penampakan Loket 3 nya

11. Pukul 10:20 WIB
Karena 2 Juli 2012 dini hari tadi ane nuntu Final EURO 2012 (Spanyol vs Italia), jadi paginya nih buat ngantok, dari pada diem aja nih nungguin tuh petugas loket manggil nomor urut ane, terpaksa nih ane keluar menuju warkop (warung kopi) disamping tempat fotocopy berkas td untuk sejenak minum kopi susu (yg ini gak disaranin ya) heheheheheh

12. Pukul 10:35 WIB
Lihat Monitor Counter, eh ternyata nomor ane uda dipanggil tuh di Loket 4 (gara2 keenakan minum kopi, jd tambah lama ngurusnya, langsung bayar deh Rp. 292.000,- untuk si kuda besi ku (pastinya si Vixi la) sambil nyerahin nomor antrian kita tadi untuk divalidasi sebagai bukti kita udah bayar. Nih penampakannya, (tuh ada tapak validasi lunasnya)

 trus nunggu sebentar untuk finishing STNK 


13. Pukul 10:40 WIB
Dipanggil di loket 6, serahin tanda terima dari loket 4 (nomor antrian yg udah di validasi tadi), dapet STNK yg baru.


Beres..
Ternyata ngurusnya gak sulit, cuma 30 menit, (karena ditambah waktu untuk ngopy2, jd nambah deh waktunya +- 45 Menit) cuma perlu kesabaran aja, karena :
  1. Banyak calo.
  2. Petugas umumnya jutek [jenuh mungkin gan]
  3. Terlalu ramai, jadi suasana kurang nyaman, makin ramai ya makin lama pelayanannya. (kebetulan ane dapat suasana yg agak sepi)

Tips buat yg pengen urus perpanjangan STNK sendiri:
1. Datang di hari Senin-Jumat aja.
Hari sabtu katanya Samsat buka setengah hari, tapi ramainya bukan kepalang krna byk pekerja kantoran yg menggunakan waktu ini, temen gw ngurus perpanjang STNK sampai 3 jam.
2. Datang diatas pukul 09.30 an
Jgn dateng pagi bgt dan berharap dapat lebih cepet selesai, krna byk yg beranggapan demikian, jadi malah kenyataannya rame bgt, kl dateng jam 09.30 logikanya yg bejubel pagi2 tadi dah pada selesai, jadi dah lumayan sepi. Dan situasi cuaca masih belum terlalu panas, diharapkan sebelum makan siang udah beres urusannya, terbukti ane dateng jam 09.30 dan jam 10.40 udah selesai termasuk sambilan minum kopi [tapi hari kerja lho ya..].
3. Jangan celingak celinguk.
Karna ini yg jadi incaran calo, kalopun pgn tanya, usahakan stay cool dan jangan tanya ke calo atau lebih baiknya nanya langsung ke petugasnya (kembali ke Poin 5).
4. Siapkan FC BPKB,KTP,STNK, Pulpen dan Staples sendiri (kalo lupa, di Samsat juga ada).

Wajib diketahui :
1. Gak bayar Pajak Kendaraan Bermotor [PKB] gak bisa ditilang lho, gak ada pasalnya di UU.
2. PKB itu termasuk pajak daerah, sebagian besar untuk kebutuhan APBD daerah ybs, beda dengan PPh dan PPN yg merupakan pajak pusat untuk APBN.
3. Kalo telat bayar, denda ada 2 macam :
1. PKB =  tarif dendanya adalah 25%/tahun, dihitung per bulan
misal terlambat 1 hari –> 25% x (1/12) x PKB (digenapkan per bulan)
misal terlambat 3 bulan –> 25% x (3/12) x PKB

2. SWDKLLJ = dihitung per tahun, jadi telat 1 hari atau 1 tahun sama aja
mobil = Rp 100.000,- | motor Rp 32.000,-

2 komentar:

  1. mantef gan.. jadi kalo kita telat ngurus pajak stnk (pajak uda mati), polkis ga berhak nilang ya gan??

    BalasHapus