Blogger Widgets

Menu Bar

Klik Tombol Shownya ya sob

Kamis, 28 Juni 2012

Road to FINAL EURO 2012

Quarter Final to Final
Quarter Final
1. Rep. Ceko [0] VS [1] Portugal
2. Jerman [4] VS [2] Yunani
3. Spanyol [2] VS [0] Prancis
4. Inggris [0] VS [0] Italia
Penalti     [2]     [4]

Semi Final
5. Portugal [0] VS [0] Spanyol
Penalti       [2]     [4]
6. Jerman [1] VS [2] Italia

Final
7. Spanyol VS Italia, 2 Juli 2012 - 01.45 WIB

Selengkapnya :





Rabu, 27 Juni 2012

PlayStation2 Emulator di PC


ps2 
PlayStation, game console ini sekarang dah jadi bagian hidup dari banyak orang.
Dimulai dari PSx, trus muncul PS one, abis tu muncul deh yg next G nya PS yaitu PS2, lama2 muncul lagi PS2 Slim, nah skg naek step lagi ke PS3, eet dah,, gak abis2.
Okelah skg PS3 belum sebombastis PS2, mgkn harganya masih rada mahal. Nah kl gt gak ada salahnya kita tetep nekunin game2 PS2,, Buat kamu2 yg cuma punya laptop ato PC dan gak punya PS2, jgn berkecil hati. Apa sh yg gak bisa dilakuin sebuah komputer?? Dsini gw coba sebarin software biar kmu bisa maen PS2 di komputer
nama softwarenya PCSX2, sama seperti PCSX yg buat muter game PS1 di PC, nah kl yg ini fungsinya buat muter game PS2 dan PS1.
Tinggal download installernya dari blog ini, install, trus jalanin,
wujudnya bakal kayak gini,
pcs

Oh ya, pertama kali jalanian, pasti kamu bakal dihadapin ma setting yg kalo kata gw sih beribet, wujudnya kek gini
pcsx2

Bgg gak? kl iya, diemin aja, klik aja “Ok” niscaya bakal aman2 aja,hee..
langkah selanjutnya masupin DVD game PS2 ato PS1 yg pgn kamu maenin, trs “File” > “Run CD/DVD”
mblaaahhh.. gak ada bedanya ma PS beneran.

download icon
Direct Link >>> Download PCSX2 Emulator

Sumber : http://jopir.wordpress.com

Membangun Sendiri Jaringan Kamera CCTV Murah Meriah


cctv 
Pernah ngalamin kemalingan?
Ato pgn memantau kondisi rumah via internet?
Ya, gunakan Kamera CCTV. Tapi masalahnya harganya 1 paket berjut jut. Apakah emng instalasi CCTV harus mahal? SALAH BESAR, dengan memanfaatkan PC dan webcam kita bisa membangun sendiri jaringan CCTV di rumah, kosan, ato kantor sekalipun.
Caranya ternyata sangat simple dan dapat dilakukan dengan barang2 yang udah familiar di kehidupan kita.
Lebih lanjut, monggo ikutin langkah berikut.
Persiapan
Hal pertama adalah siapkan bahan2nya terlebih dahulu.
1. PC ato laptop, gw saranin PC karena ni PC harus idup 24 jam.
2. Webcam, ato kamera lainnya yg bisa dikonekin ke PC/Laptop.
Lebih gw saranin pilih kamera yg resolusinya gak bagus2 amat, max 1.3MP.
Kenapa? Karena kita bakal ngerekam video melalui kamera ini, makin gede resolusi, makin gede ukuran file yg dibentuk.
Di Percobaan gw, gw pilih merek I-tech seri PC-3808 | Res 1.3MP | Rp 80rb | Koneksi USB
itech pc 3808

Kenapa? karena kamera ini kecil, fiturnya cukup lucu, ada flash nya segala. Not bad lah utk kamera seharga 80rb.
:)
3. Software untuk me-manage webcam di PC.
Disini gw gunakan software free bernama Webcam7.
Software ini bisa digunain utk me-mange 7 kamera sekaligus. Ingin lebih? Upgrade ke versi berbayar.
atau gunakan keygen yg disertakan di akhir artikel
Fitur yg disuguhin antara lain =
- Capture gambar
- Record video dg tambahan fitur scheduling
- Sebagai server utk streaming video dari webcam yg kita punya.
Software nya udah gw sediain di blog ini. Link ada di akhir artikel.
Instalasi :
Masuk ke tahap selanjutnya.
1. Instalasi webcam di PC
- Install driver webcam di PC
- Koneksikan PC dan Webcam
Prosesnya gampang kq, kayaknya cukup ya, gak perlu dibahas lebih lanjut.
2. Instalasi software Webcam7
- Tinggal download dari link dibawah, trus next2 aja sampai terakhir finish.
- Buka Aplikasi dari Start > Program > Webcam 7 > Webcam 7.exe
- Pilih mode “Free”
- Nongolnya kayak gini
select cam

Klik kanan pada layar yg ditengah > trus pilih PCI/USB > pilih PC Camera-168
Ntar tampilannya bakal kayak gini
(Lakukan hal yang sama untuk kamera2 berikutnya)
control panel

Nah disinilah pusat tata surya nya alias control panel software ini.
Huruf A = adalah utk nambahin keterangan di gambar, semisal Text, Tanggal, Jam, CPU Usage, Memory Usage, dan Brp user yg lagi konek ke kamera ini.
Capture = untuk ngambil gambar, berformat JPEG
Record = untuk ngerekam video, bisa rekam sekaligus streaming ttp jalan lho.
Lainnya utak atik sendiri ya.. Simple kq :)
Lanjut ke Tab berikutnya yaitu Web/Broadcast
broadcast

Disini bakal ditampilin IP berapa aja yang lagi konek ke Webcam kita, yg perlu diperhatiin adalah pastiin Internal Web Server is Running, kl mati tinggal klik enable.
Kl kita mau gambar upload video realtime kita ke webhosting juga dari sini tempatnya.
Langkah Terakhir adalah set agar Aplikasi ini Run Otomatis ketika Windows nyala.
Caranya :
auto start

Pastikan Start With Windows dan Start Minimized dalam kondisi ter-centang.
Selesai. :)
3. Cek Apakah sudah berhasil?
Caranya buka web browser, lalu masuk ke alamat
http://ipaddress:8080
atau
http://computername:8080
Misal gw disini http://10.8.8.201:8080
Kl berhasil, bakal muncul web page kayak gini
webcam7

Nah selesai sudah, kita dah bisa memantau hasil pencitraan seluruh webcam yg kita pasang dari sini.
Di gambar cuma ada 1 gambar karna gw cuma pake 1 kamera waktu pengetesan ini.
4. Integrasikan di web intranet dalam satu jaringan LAN (bila perlu)
Dimaksudkan apabila kita mau nampilin video streaming dari webcam tadi di halaman web yang kita punya.
Tapi web yg gw maksud adalah web internal, yaitu web yg diakses dalam ruang lingkup satu jaringan LAN.
caranya :
Tools > Generate HTML Code.
Next2 in aja, trus muncul kode HTML nya
html code

Tinggal copy seluruh coding HTML ini  ke halaman web kamu.
Untuk Web pada Internet gunakan fitur “Upload HTTP / FTP” dari tab “Web/Broadcast“.
5. Posisikan kamera di tempat yang strategis
Biasanya di pojokan. Kl gw? kira2 kek gini.
kamera cctv

Gw pake buat ngawasin pintu keluar masuk ruangan kantor gw. Ge pake buat streaming dan proses record di jam kerja.
Ilustrasi Penggunaan :
1. SECURITY CAMERA.
Digunakan untuk merekan video dengan memanfaatkan fitur recording with scheduler, jadi kita gak perlu repot2 tiap hari jalanin proses recording, tinggal atur jam nya, software ini akan ngelakuinnya secara otomatis.
Arahkan kamera ke tempat2 keluar masuk rumah seperti pintu dan jendela, misalkan ada kemalingan? tinggal jadiin hasil rekaman sbgi barang bukti
2.  PARENTAL CONTROL CAMERA.
Digunakan untuk mengawasi kondisi kantor, para customer atau para pegawainya.
Atau digunakan di rumah untuk mengawasi kegiatan anak2 anda.
3. STREAMING CAMERA.
Digunakan untuk bikin siaran live dari rumah kita sendiri. dan bisa diakses dari mana aja selama mereka terhubung internet. WOW :)
bakal muncul JOPIR-TV on internet nih, hehe..

download icon
Direct Link >>
Download Driver Webcam i-Tech PC-3808 [Open file dg WinRar utk view password]
Password file : www.kisanak-jopir.co.cc

Save As PDF | Simpan file ke format PDF via Ms. Office 2007

Pada kemunculan MS. Office 2007 [Word, Excel, Powerpoint] udah ada yang namanya fitur bikin file PDF.
Maksudnya, yang biasanya file yg kita bikin di Ms. Office disimpen ke format standar seperti .docx, .xlsx, .pptx, .csv, .txt. Nah sekarang bisa disimpan ke format PDF.
Tapi sayangnya, ni fitur gak sekalian dibundel , alias kita harus install [katakan] Add-on untuk bisa menggunakan fitur ini.
Nah disini gw coba permudah, buat yg bingung download nya harus kemana, disini udah gw sediain installer Add-on nya.
Sebelum download, ada baiknya gw tunjukin gimana cara penggunaannya.
Simple banget,
1. Pastikan semua program Ms. Office 2007 udah gak ada yang kebuka.
2. Install softwarenya [link nya ada di akhir artikel].
3. Buka salah satu program Office 2007 buat ngetes apakah proses instalasi udah berhasil.
Buat contoh gw buka Ms. Word 2007.
Muncul satu menu tambahan di “Save As”

4. Save file2 kesayangan anda ke format PDF.
.
File ini ukurannya kecil kq dan gak akan bikin lemot kinerja Ms. office 2007 anda.

Sayangnya, Ms. Office sampai saat ini [Office 2010 Beta] masih belum bisa ngerubah format Pdf jadi Word Excel ato Power Point, jadi gunain aja Able2Extract 6.0 Professional buat nge-Convert file PDF ke file Ms Office.
Download Area
Nama File : Save_As_PDF.rar
Ukuran file : 513 kb
Password file : www.kisanak-jopir.co.cc
Server : www.ziddu.com

Sumber : http://www.jopir.wordpress.com/

Selasa, 26 Juni 2012

Membuat Header Blog Anda Menjadi Cantik



Rekan-rekan yang sering blogwalking pasti sering menemukan header cantik dari blog maupun situs yang dikunjungi bukan? Mungkin banyak diantar rekan-rekan yang “iri” melihat header tersebut, karena sebenarnya kepengen punya header yang cantik dan keren juga tapi gak punya kemampuan untuk mendesain.
Nakh, daripada cuma bisa mengagumi header cantik dan keren orang punya, lebih baik mulai buat sendiri aja. Disini ada tutorial sederhana tentang cara membuat header cantik dalam 3 menit dengan Xheader, tidak perlu jago desain grafis atau pinter photoshop kok, software ini simple dan mudah dimengerti, dan yang pasti Gratis atau freeware.
Berikut saya coba paparkan cara membuat header-nya,
1. Membuat Header dengan Template
Xheader memberikan ribuan template gambar header gratis siap pakai yang bisa Anda pilih. Untuk membuat gambar Header dari template, buka menu File -> New. Kemudian pilih Load From Template Library,


2. Mengatur Ukuran Header
Anda bisa mengatur ukuran header agar sesuai dengan blog Anda melalui menu Option–> Resize Header.

3. Memasukkan Teks
Setelah Anda memilih template atau gambar header yang tersedia, Anda bisa memulai memasukkan teks. Anda bisa menambah dengan efek outline, chisel, emboss, dan glow. Jika akan menambah efek, pilih teks yang akan di-edit dengan menu select terlebih dahulu.


4. Memasukkan Gambar Dari Komputer
Gunakan tool Image, jika anda ingin memasukkan gambar dari komputer (harddisk, flashdisk, dsb),


5. Membuat Garis, Kotak atau Lingkaran
Anda bisa menambahkan garis, kotak atau lingkaran dengan menggunakan tool seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Objek ini juga dapat diberi efek!


6. Mengatur Urutan Peletakkan Objek
Sebuah gambar, bidang atau tulisan dapat diletakkan di atas atau di bawah yang lain. Anda bisa memilih objek dengan tool Select (paling kiri) dan mengatur urutan peletakkan objek melalui tool To Front atau To Back.


7. Mengatur Efek Transparan dan Bayangan
Text atau gambar dapat diatur agar transparan (tembus pandang) dan ada bayangannya dengan tool yang tersedia seperti terlihat pada gambar ini.


8. Preview dan Menyimpan Gambar
Sebelum Anda menyimpan gambar Header yang telah anda buat, Anda bisa mencoba melihat tampilan gambar header Anda di browser, buka menu Options -> Preview in Browser. Setelah semua oke, simpan gambar Anda melalui menu File -> Save JPG. Atau File -> Save XHF. File JPG siap di-upload ke blog Anda, sedangkan file XHF bisa diedit ulang jika Anda mau.

Nakh, proses-nya sudah selesai. Sekarang silahkan download Free Software-nya Disini.

Selamat Mencoba dan berkreasi (catatan : gambar header diatas hanyalah ilustrasi).

Kamis, 21 Juni 2012

Cara Partisi Hardisk Tanpa Software

Pada Windows 7 terdapat fitur untuk membuat partisi hardisk tanpa harus menginstall suatu software seperti partition magic atau easus, dll. Untuk membuat partisi hardisk pada windows 7 caranya adalah sebagai berikut
1. Klik menu start > Klik kanan Computer > Manage

2. Pilih Disk Management > Pilih Drive yang ingin dibagi, lalu klik kanan > Pilih Shirink Volume.

3. Kemudian tentukan jumlah volume yang akan di buat, pada kasus ini saya ingin membuat partisi sebesar 14000MB atau 14GB.

4. Tunggu sampai proses selesai, kemudian partisi akan bertambah. Klik kanan pada partisi baru > New Simple Volume.
 


5. Proses pembuatan drive baru dimulai, klik next untuk melanjutkan.

6. Kita akan diminta untuk menentukan jumlah volume drive yang ingin dibuat.

7. Kemudian kita diminta juga untuk menentukan driver letter, silahkan disesuaikan

8. Selanjutnya kita harus menentukan format drive serta label dari drive yang ingin kita buat.

9. Klik Finish untuk memproses.

10. Selesai, jika diminta untuk memformat partisi silahkan format. Tanpa di formatpun tidak masalah.

Keamanan tambahan dari Vixion

Kebayang kan kl harus gembok2an padahal cuma parkir bentar di minimarket, rasa2nya kurang praktis.
Nah, memanfaatkan piranti bawaan motor yg tersedia, yaitu “lean angle sensor” alias sensor derajat kemiringan motor yg udah bawaannya vixion, yaudah aja kita sulap jadi piranti pengaman tambahan.
Caranya? gampang bgt kok, cekidot..

Fungsi Lean Angle Sensor (LAS) adalah untuk mengukur kemiringan motor, dalam sudut tertentu [katanya sh diatas 60 derajat] LAS akan mengasumsikan motor dalam kondisi terjatuh dan otomatis LAS mengirim signal ke ECU untuk menghentikan supply bahan bakar dan memutus aliran listrik ke busi, pastinya, mesin lgsg mati.

LAS adalah mahluk yg dilingkari warna merah, ada tulisan “UP”.

Caranya :
1. Lepas kedua baut yg nempelin LAS ke spakbor.
2. Pindahin LAS ke rangka yg ditunjuk panah merah, terserah mau yg kanan atau kiri.
3. Ikat kuat LAS dgn rangka menggunakan kabel ties, usahakan sekuat mugkin tapi masih bisa digerak2an. Manfaatkan 2 lubang bekas baut.

Kurang lebih gt jadinya setelah diikat di rangka.

Cara Pakai :
Nah, cara pakainya simple. kl lagi parkir, cukup putar balik LAS hingga tulisan “UP” yg awalnya meghadap ke atas jadi megnhadap bawah.
Dengan kondisi ini, kl di starter atau disela, mesin gak akan bisa nyala dan indikator akan berkedip.

So simple and easy.
Katakan motor digondol orang, si maling cuma bisa dorong doang, pasti bikin capek dan bakal menarik perhatian banyak orang.
“masa iya vixion mogok sampe didorong2??”

Sumber : http://gonosworld.wordpress.com/2011/09/04/keamanan-tambahan-dari-vixion/

Kenali Kondisi Mesin Kendaraan dari Kondisi Fisik Busi


Busi bisa dibilang nyawa dari suatu mesin kendaraan bermotor. Ni “mahluk” fungsinya buat ngehasilin percikan api yang digunain mesin untuk ngebakar campuran bahan bakar dan udara di dalam dapur pacu. Kebayang kan?? berarti busi juga punya peranan penting.
Nah di artikel ini gw bakal nginformasiin satu lagi kegunaan mahluk bernama busi. Yaitu buat mengetahui gimana kondisi mesin kita, sehat wal afiat kah? ato mungkin ada settingan yg gak pas? Ato bahkan ni mesin diambang kehancuran.
Caranya adalah dengan melihat kondisi fisik elektroda dari busi yg kita pakai di mesin. Beda kondisi mesin, beda pula kondisi elektroda nya.
Berikut beberapa contoh kondisi fisik elektroda, penyebab dan cara penyelesaiannya.
1. Normal
Ciri :
- Elektroda berwarna putih atau coklat muda cerah.
- Mesin dapat digunakan dgn baik, dari start sampai dipake jalan gak ada masalah.
Artinya :
Ini dia kondisi yg kita idam2kan, mesin dalam keadaan baik jasmani dan rohani :D
.
2. Endapan Karbon.
Ciri :
- Terjadi endapan bubuk karbon kering berwarna hitam gelap di [hampir] seluruh bagian elektroda busi.
- Start mesin agak susah, lambat nyala.
- Pada kecepatan rendah, mesin sering brebet dan akselerasi terasa berat.
Penyebab :
- Ukuran panas busi gak sesuai kebutuhan mesin.
- Mesin sering “dipanasin” [idle] dalam jangka waktu yg lama.
- Campuran BBM kaya.
- Saringan udara dilepas, atau kondisi saringan udara udah gak mampu untuk nge-filter udara yg masuk.
Cara Memperbaiki :
- Gunakan busi yg ukuran panas nya sesuai anjuran mesin [normal].
- Jangan manasin mesin kelewat lama, idealnya 1-2 menit.
- Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
- Gunakan saringan udara yang baik.
.
3.  Endapan Oli.
Ciri :
- Terdapat oli basah atau bahan bakar di elektroda busi.
- Start mesin agak susah, lambat nyala.
- Pada kecepatan rendah, mesin sering brebet dan akselerasi terasa berat.
Penyebab :
- Piston “bocor”
- Campuran BBM kaya.
Cara Memperbaiki :
- Saatnya overhaul / turun mesin.
- Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
.
4. Overheating [Panas Berlebih].
Ciri :
- Insulator berwarna putih cerah
- Elektroda berwarna putih atau ungu gelap karna terbakar.
- Horse Power menurun.
- Kl dipake di kecepatan tinggi dalam waktu yg cukup lama, terjadi penurunan kecepatan yg drastis.
Penyebab :
- Ukuran panas busi tidak sesuai kebutuhan mesin.
- Penggunaan bahan bakar yg oktannya dibawah kebutuhan mesin.
- campuran BBM miskin.
- Proses pendinginan mesin kurang.
Cara Memperbaiki :
- Gunakan busi dengan tingkat panas lebih tinggi dari yang digunakan sekarang.
- Gunakan BBM yg nilai oktannya sesuai kompresi mesin.
- Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
- Perbaiki sitem pendinginan mesin.
.
5. Busi terbakar [Gosong].
Ciri :
- Elektroda dan Insulator meleleh.
- Mesin gak bisa hidup, kepala piston otomatis rusak.
Penyebab :
- Overheating yg terjadi dalam jangka waktu lama.
- Penggunaan bahan bakar yg oktannya dibawah kebutuhan mesin.
- campuran BBM miskin.
- Proses pendinginan mesin kurang.
Cara Memperbaiki :
- Gunakan busi dengan tingkat panas lebih tinggi dari yang digunakan sekarang.
- Gunakan BBM yg nilai oktannya sesuai kompresi mesin.
- Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
- Perbaiki sitem pendinginan mesin.
.
6. Insulator Hancur.
Ciri :
- Insulator terjadi retakan secara vertikal.
- Dalam kasus ekstrim, insulator terkelupas dari elektroda.
- Horse Power menurun.
- Kl dipake di kecepatan tinggi dalam waktu yg cukup lama, terjadi penurunan kecepatan yg drastis.
Penyebab :
- Ukuran panas busi tidak sesuai kebutuhan mesin.
- Penggunaan bahan bakar yg oktannya dibawah kebutuhan mesin.
- campuran BBM miskin.
- Proses pendinginan mesin kurang.
Cara Memperbaiki :
- Gunakan busi dengan tingkat panas lebih tinggi dari yang digunakan sekarang.
- Setting ulang campuran bahan bakar dan udara pada karburator, untuk mesin injeksi, reset ECU.
- Perbaiki sitem pendinginan mesin.
.
Nah, sekarang saatnya,
Cek busi di kendaraan anda, pastikan mesin dalam kondisi baik, kl nggak, ibarat bom waktu, tinggal tunggu kebinasaan kendaraan kesayangan anda.

Sumber : http://jopir.wordpress.com/2009/12/09/kenali-kondisi-mesin-kendaraan-dari-kondisi-fisik-busi

Rabu, 20 Juni 2012

Waspada! Baut Kunci Kontak Vixion Kendor, Awal Lenyapnya Motor

Gak ada gading yang gak retak.
Dibalik banyak kelebihan Yamaha V-Ixion seperti frame deltabox, water radiator, fuel injection, monoshock suspension,  dan desain body yg ciamik, ternyata gw berhasil nemuin satu kekurangan fatal si vixy.
Yang gw maksud adalah baut pengikat kunci kontak ke stang motor.
Penasaran, gini penjelasannya..
Layaknya motor2 ‘laki’ lainnya, kunci kontak vixion terletak di antara stang dan speedometer. Ni kunci nempel ke segitiga stang dengan ngandelin 2 baut yg tersembunyi di bagian bawah segitiga [Penyangga-1 dan Penyangga-2]
kunci kontak vixion
Posisi ini memungkin kan kunci kontak buat ngeluarin ‘tongolan’ buat nahan bagian (a) [lihat gambar] sewaktu kunci diposisikan ke ‘lock’, alhasil stang pun terkunci dan gak bisa digerak2in. Kl ni baut dua2nya lepas, otomatis rumah  kunci kontak semuanya copot, dan stang gak kekunci lagi. Kurang lebih gitulah gambaran umum mekanisme penguncian stang di vixion.

CELAKANYA..
kedua baut di penyangga-1 dan penyangga-2 itu cuma baut biasa yang dipasang terbalik pula, yang namanya baut, dikencengin sekuat apapun, kl keseringan kena getaran tetep kebuka2 juga.

CELAKANYA LAGI..
Ni baut walaupun dah di posisi paling kenceng, kepala baut tetep nongol dikit, alhasil kl emng maling niat, bawa kunci kecil buat buka tuh baut, dapet deh satu motor.

[lho kq??]
iyalah, kl kedua baut udah dibuka, kan stang udah gak kekunci, dapet deh.

[tapi kan mesin ttp gak nyala]
kabel2nya kan ngejulur tuh, tinggal putusin semua trs sambungin kabel yg buat alirin listrik, idup deh tuh motor.

[tapi kan ribet]
ya walaupun ribet, dalam arti gak segampang pake kunci T, tetep aja gak ada salahnya kita memperkecil kemungkinan raibnya motor gara2 kelalaian kita sendiri.

Solusi..
Yang paling simple, setiap service rutin, minta tolong mekanik untuk ngencengin kedua baut tadi.
Kl Solusi yg agak beribet dikit, tambah perangkat keamanan dan guinakan kapanpun dimanapun, termasuk di halaman rumah sendiri.

Bisa Alarm, kunci piringan cakram, pasang gembok di standar tengah, dll.
Walaupun sedikit ngerepotin tapi gak serepot kl motornya ilang kan?

Selasa, 19 Juni 2012

Kabel kopling V-ixion putus? Kok kayak Vespa..?

Tragedi..
Anda sering pake vespa? Tapi bukan vespa matic yg sekarang beredar lho.. yg gw maksud adalah vespa lawas 2tak yg gigi nya ada di handle sebelah kiri, ni motor penyakitnya gak banyak, yg paling lazim ada 2, pertama.. busi gosong + kebanjiran, kedua.. kabel kopling putus.
Okelah wajar, vespa kan pindah giginya pake acara diputer2 tuh, mgkn sering kepilin2 gt jd krg lebih ngaruh ke daya tahan kabel kopling.
Celakanya.. vixion tercinta ternyata terdeteksi punya penyakit yg sama, di tahun kedua, gak ada angin dan gak ada ujan, eh tesss… kabel kopling vixy putus.
Kok bisa? Monggo cekidot

biar jelas putusnya gimana, ini gambarnya
Pas bgt putusnya di sambungan ke bandulnya.

Sebab :
Ada satu benda yg jadi tersangka utama, yaitu handle adjustable ride it [reviewnya klik disini]
Karena kan yg beda antara vixy gw dgn yg standar dari segi kerja kopling cuma ini aja
tapi ternyata..
 gak salahnya si handle juga, ceritanya dulu iseng ngencengin kabel kopling biar jarak main kosongnya lebih kecil, dikencengin dari puteran yg di deket handle, kedaleman kayaknya, efeknya malah kabel kopling kegerus tiap handle kopling ditarik, lama kelamaan kegerus terus jadi putus.

Solusi :
Mau gak mau beli kabel kopling baru, bisa dibeli di BeRes Yamaha seharga Rp 31.000,- (persis kayak di web sparepart yamaha)
Berhubung ni kabel putus dikosan, gak mungkin juga motor nya didorong k BeRes, mau gak mau pasang sendiri dikosan.
Caranya ternyata gampang, ni kabel cuma disangkutin aja, ujung yg satu di handle dan ujung satunya lagi diatas blok mesin sebelah kiri.
Begini step by step nya:

- Kendurkan mur yg dilingkari warna merah, hingga bisa dilepas dengan mudah dari posisinya di lingkaran putih.
- Keluarkan kabel dari lengan yg di lingkaran biru.
- Kl udah dicopot, tinggal pasang kabel yg baru dengan cara kebalikan dari sewaktu kita melepasnya.

- Untuk melepas kabel lama, kendurkan pengunci di lingkaran biru, dimulai dari yg ukurannya lebih besar, baru ke yg kecil.
- Lepaskan ujung kabel dari tempat nyangkutnya di lingkaran merah [lihat dari bawah]
- Pasang kembali kabel baru, caranya reverse aja dari cara melepasnya tadi.
- Untuk mengencangkan, boleh dari pengunci yg di dekat handle, atau boleh juga dari bawah yg di dekat blok mesin, sama aja.
Penting :
Nah biar gak putus gara2 kegerus lagi, kl kencengin jarak main kopling, jgn ngencengin dari bagian handle, cukup kencengin dari bawah aja (deket mesin).

Sumber : http://kisanak-jopir.co.cc/