Blogger Widgets

Menu Bar

Klik Tombol Shownya ya sob

Senin, 31 Oktober 2011

Ayat Kursi

Ayat Kursi:

1) Baca pada saat keluar rumah, 70000 malaikat akan menjagamu dari semua sisi
2) Baca saat masuk rumah, kemiskinan tdk akan memasuki rumahmu
3) Baca setelah berwudhu, Derajatmu akan dinaikkan 70 tingkat
4) Baca pada saat tidur, malaikat akan menjagamu sepanjang malam ...
5) Baca setelah solat, maka jarak antara kamu dan surga hanyalah kematian. Sampaikan kepada orang lain, maka ini adalah sedekah jariah. Dan pada setiap orang yg mengamalkan, kamu akan ikut mendapat pahalanya sampai hari kiamat..

Minggu, 30 Oktober 2011

New Yamaha V-Ixion 2011 . . . Sudah AHO

Bro sekalian, Selain menampilkan Striping baru dan Pulihan warna baru yakni Putih, ternyata Yamaha V-Ixion 2011 erbaru sudah tidak memiliki saklar pilih lampu lagi alias dalam istilah yamaha sudah Klik Byar . . . atau AHO (Automatic headlight On) suatu sistem dimana motor langsung menyala lampunya saat motor dinyalakan. Silahkan mas bro cek di gambar atas . . .pada konsol saklar di setang kiri nggak ada saklar Lampu kan?
Dengan ini menurut catatn TMCBlog, V-Ixion ini menjadi Motor ke tiga YMKI yang mengaplikasikan sistemm AHO setelah Jupiter Z dan Vega ZR.  Mengenai AHO sendiri, Dasar hukumnya pun sudah jelas yakni Bro sekalian, Pasal 293 UULLAJ No. 22 tahun 2009 berbunyi mengendarai sepeda motor di jalan tidak menyalakan lampu utama pada siang hari akan dipidana kurungan 15 hari denda Rp 100.000 . . . akan tetapi tetep ada pro kontra yang disinyalir diakibatkan karena adanya perbedaan pendapat. Tmcblog sendiri pernah mengelontorkan Polling mengenai AHO ini dan hasilnya dapat diketahui bahwa sebenarnya Mayoritas 61,88 % dari 585 pengunjung tmcblog.com yang mengisi survei sebenarnya setuju akan DRL atau menyalakan lampu saat berkendara siang dan malam . . . Namun tetep pengen diberikan opsi untuk mematikan lampu
Namun dengan merilis V-Ixion versi AHO ini, YMKI mencoba mengetes pasar . . .  bahwa Hilangnya Sklar berpengaruh nggak dengan market V-Ixion secara umum . . . sepertinya Yamaha sudah cukup yakin bahwa costumer nggak signifikan bakalan lari ke warung sebelah cuma gara gara saklar . . . Sebuah pertaruhan yang patut di apresiasi . . . megenai hasilnya . ..  tentunkita akan bisa lihat minimal peta penjualan Segment Mid-End Sport di bulan ini . . . Ok semoga berguna

Sumber : http://tmcblog.com/2011/06/23/new-yamaha-v-ixion-2011-sudah-aho/

Kamis, 20 Oktober 2011

Membuat Efek Kaca Pecah dengan Aplikasi Adobe Photoshop


Selanjutnya . . .

Selanjutnya . . .

Selanjutnya . . .

Selanjutnya . . .

Selesai.

Membuat Efek Matrix dengan Aplikasi Adobe Photoshop


Selanjutnya . . . 

Selanjutnya . . .

Selesai.

Membuat Efek GLobe/Pulau di Logo TPI yang lama dengan Aplikasi Adobe Photoshop

 Selanjutnya . . .
 Selanjutnya . . .
Selesai.

Membuat Efek Cahaya dengan Aplikasi Adobe Photoshop



Selanjutnya . . .
Selanjutnya . . .
Selesai.

Membuat Efek Bayangan dengan Aplikasi Adobe Photoshop


Selanjutnya . . .
Selanjutnya . . .


Selanjutnya . . .


Selanjutnya . . .

Selesai.

Kena Tilang . . . .

KENA TILANG ......???
Semoga info ini berguna... Surat Tilang ada 2 macam: slip merah & slip biru
~ SLIP MERAH artinya kita menyangkal telah melanggar peraturan & mau membela diri secara hukum (ikut sidang) di pengadilan. Biasanya menunggu 2 minggu & di pengadilan byk calo, terjadi antrian panjang & oknum pengadilan yg melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilang. 
~ SLIP BIRU artinya kita mengakui kesalahan kita & bersedia membayar denda. Kita tinggal transfer dana via ATM ke nomor rekening tertentu (kalo tdk salah bank BUMN). Setelah itu kita tukarkan bukti transfer dgn SIM / STNK kita di kapolsek terdekat dimana kita ditilang.  
Denda resmi KUHP mobil tidak lebih dr RP 50.000 & dananya resmi masuk kas negara.
Jadi, jika kena tilang, minta lah SLIP BIRU (beberapa oknum perlu berdebat dahulu dgn kita. Kita hrs ngotot minta SLIP BIRU krn petugas berusaha membohongi kita dgn mengatakan SLIP BIRU tdk berlaku). Dgn Slip Biru anda tdk perlu menunggu 2 minggu. Langkah ini membantu negara mengikis korupsi & kita tdk perlu memberi Uang Damai ke oknum petugas. Forwardlah ke teman2 anda.
(Info dr Komisi III)

*perlu ditambahkan dgn slip biru kita hanya membayar RP 36.000 (utk denda bahwa kita mengakui kesalahan kita)

Selasa, 18 Oktober 2011

Tips Berkendara Yang Nyaman Saat Musim Hujan

Jalan raya memiliki kualitas yang bervariasi. Ada yang halus dan mulus, ada yang bergelombang, bahkan berlubang-lubang. Jika kondisi cerah hal yang dihadapi tidak terlalu berat bagi pengendara sepeda motor. Namun sebaliknya jika sudah memasuki musim hujan. Perlu adanya perhatian terhadap sepeda motor , hal ini untuk lebih melindungi pengendara dari kecelakaan.Berikut ini tips untuk menghadapi kondisi jalan yang beragam saat musim hujan.
A. TIPS PEMERIKSAAN KONDISI SEPEDA MOTOR
Pemeriksaan Kembang Ban
Ban adalah bagian yang vital pada sepeda motor , apalagi digunakan pada  saat hari hujan. Untuk mendapatkan kinerja maksimal, ban harus dirawat dengan baik.
Ban yang aus akan berkurang kemampuannya baik dalam ketahanan maupun fungsi traksinya. Sebaiknya ban diganti jika kembang ban sudah tinggal sedalam 0.8 mm. Jangan menunggu ban benar-benar gundul. Karena Saat melewati genangan air ?Alur Ban? tersebut akan menyalurkan air kearah samping ban. Jika tidak ada alurnya ?Air tidak dapat di distribusikan kearah samping akibatnya ban terangkat diatas permukaan air. Hal tersebut akan membuat sepeda motor oleng. Perhatikanlah hal hal berikut ini :
Gunakan tipe ban yang tepat sesuai dengan kondisi penggunaan, kapasitas pembebanan dan kecepatannya.
Tips : Jika melakukan penggantian Ban, Sebaiknya menggunakan merk dan Tipe yang sama antara Ban Depan dan belakang. Tipe kembang yang berbeda akan menyebabkan kinerja Ban berlainan. Cara aman gunakanlah tipe Ban yang direkomendasi oleh Pabrikan sepeda motor yang anda pakai karena pasti pihak pabrikan sudah melakukan test dengan berbagai kondisi cuaca
Tekanan ban harus dijaga sesuai spesifikasi pabrikan.  Walaupun hal ini sangat penting dan mudah untuk dilakukan, namun banyak pengguna motor yang tidak memperhatikannya.
Pemeriksaan tekanan Angin pada Ban, sebaiknya sesuai standard (Bacalah spesifikasi Pabrik pada buku panduan Pemilik). Jika terlalu rendah tekanannya Sepeda motor terasa berat saat dikendarai dan akan mudah bocor karena Ban Bagian dalam akan bergesekan dan menimbulkan panas berlebih. Jika terlalu kencang tekanannya akan terasa tidak stabil pada kecepatan menengah dan tinggi karena permukaan ban yang menyentuh permukaan jalan terlalu kecil.
Pasanglah "Tutup pentil", karena akan mencegah masuknya kotoran dan juga berfungsi sebagai penyekat tambahan. Jika anda memakai ban tubeless (tanpa ban dalam), usahakan saat mengganti ban dengan yang baru, ganti juga pentilnya karena pada pentil terdapat O ring yang terbuat dari karet yang akan berubah sifat kekerasan dan elastisitasnya seiring dengan waktu pemakaiannya. O ring yang sudah mengeras biasa akan retak sehingga mengakibatkan kebocoran.
Disarankan saat mengganti ban luar, ban dalam juga diganti bersamaan. Ban dalam yang sudah lama dipakai, akan mudah mengalami kebocoran. Apalagi jika sudah terlalu banyak tambalannya.
Pemeriksaan Sistim pemasukan Bahan Bakar & Karburator
Saat hujan menyebabkan kadar udara (02) sebagai pencampur bahan bakar yang disedot oleh karburator banyak mengandung air sehingga jika kondisi Sistim Bahan bakar seperti Tanki Bahan Bakar, Kran Bahan Bakar dan pipa bahan bakar terdapat karat atau kandungan air akan mengakibatkan kinerja mesin tersendat. Hal itu akan lebih menyusahkan dalam kondisi hujan. Datang ke Bengkel Resmi untuk perawatan berkala.
Pemeriksaan Oli Mesin
Saat hujan kondisi udara yang banyak mengandung air dan terdapat genangan air di beberapa jalan yang tinginya  lebih dari 30 cm (ukuran lutut orang dewasa) tentunya akan memudahkan air masuk ke dalam mesin dan tercampur dengan oli. Hal itu mudah dideteksi pengendara yaitu dengan melihat oli apakah berubah warna menjadi ?PUTIH SUSU?. Jika ya artinya air sudah tercampur. Segera lakukan penggantian oli jika telah melewati jalan banjir yang cukup tinggi. Hal ini guna menghindari kerusakan yang lebih parah pada mesin.
Pemeriksaan Filter Udara
Air dapat masuk juga lewat filter udara. Terutama jika melewati genangan air yang cukup tinggi atau banjir . Jika air tidak terlalu tinggipun berpotensi masuk ke mesin terutama jika kendaraan roda empat melaju disamping sepeda motor atau dari arah berlawanan. Akan membuat gelombang air dan menghantam bagian depan motor akibatnya air masuk melalui filter udara. Jika jumlah air terlalu banyak yang masuk , akan berakibat yang lebih parah yaitu ?Water Hammer?. Water hammer adalah pukulan yang keras pada ruang bakar yang menyebakan kerusakan parah pada mesin seperti : Bengkoknya tangkai torak (Connecting Rod), Piston Pecah dll.
Pemeriksaan Sistim Pengereman
Periksalah fungsi kerja Rem depan dan belakang, lakukan simulasi pengereman sebelum mengendarai beberapa kali untuk memastikan fungsinya bekerja dengan baik, selain fungsi deteksilah apakah ada suara berdecit jika ya, artinya permukaan Lining Kanvas Rem sudah licin dan perlu perawatan. Jika fungsinya terasa kurang baik periksalah ketebalan Rem dengan melihat langsung tebal Pad (Rem Disk) dan lihat indikator ketebalan pada Rem tipe Drum. Jika terlalu kecil segera lakukan penggantian di Bengkel Resmi.
Pemeriksaan Sistim Kemudi
Yang terakhir, periksalah sistem kemudi, karena diperlukan kestabilan yang baik saat berkendara saat hari hujan. Disamping itu sulit memprediksi kondisi jalan seperti lubang , bebatuan atau saat menghindari pengendara lain yang tiba tiba berhenti. Mintalah mekanik Bengkel Resmi untuk memeriksanya. Atau anda bisa lakukan tips berikut untuk pemeriksaan awal :
  1. Posisikan sepeda motor pada Standard Utama (Main Stand).
  2. Peganglah kedua Front Fork (Fork Depan) sambil berjongkok, tapi sebelum itu pastikan Posisi Jari tangan anda tidak terlalu dekat dengan Disk Brake Depan karena akan terluka. Kondisi Sepeda motor tidak goyang goyang.  dan pastikan disekitarnya tidak terdapat orang lain.
  3. Dorong dan tarik kearah depan dan belakang.
  4. Rasakanlah apakah terdapat kelonggaran atau tidak.

Jika terdapat kelonggaran (Oblak), segeralah minta mekanik untuk mengencangkannya dan periksa kembali berat dan ringan gerakan kemudinya

B. TIPS PERSIAPAN SEBELUM BERKENDARA
Helmet
Saat hujan lebat dapat menyulitkan pandangan pengendara, apalagi jika hujan sangat lebat. Diperlukan Helmet yang dilengkapi dengan kaca pelindung sehingga pandangan tetap aman saat berkendara. Periksalah kaca helmet tidak boleh buram atau baret baret .
Tips : Biasanya saat berkendara saat hari hujan , napas kita akan membuat embun dibagian kaca bagian dalam. Dan saat hujan lebat sulit melihat dengan pandangan yang jelas. Oleskan Cairan ?Shampo? Pada permukaan kaca untuk menghilangkan sisa oli atau kotoran. Hal ini akan memudahkan saat mengusapnya kotoran saat berkendara.

Jas Hujan
Pilihlah jas hujan yang tidak terlalu besar, pilihlah yang ukurannya pas di tubuh kita atau jenis ?Celana Panjang? karena akan mempwermudah gerakan tubuh saat berkendara. Hindari penggunaan jas tipe ?JUBAH? karena sangat berbahaya, sebab ukuran yang terlalu besar membuat selalu berkibas terkena terpaan angin bahkan tidak jarang tersangkut pada bagain rantai, hal ini tentunya dapat menyebabkan kecelakaan.
Barang Bawaan
Sebaiknya hindari Barang bawaan atau jika harus dibawa, ukurannya tidak lebih dari
Selain mudah basah, hal itu juga dapat mengganggu pengendara. Gunakanlah tas Punggung atau mengikatnya dibagian jok belakang.

C. TIPS MELEWATI KONDISI JALAN
Jalan dengan genangan air
Saat melewati genangan air, usahakan untuk mengurangi kecepatan karena genangan air membuat traksi ban berkurang. Jika kondisi lalu lintas disekitarnya memungkinkan, usahakan untuk menghindarinya karena kita tidak tahu sedalam apa genangan air tersebut.
Jalan dengan banyak pasir, berlumpur atau banyak daun kering
Jalan seperti ini juga bisa membuat kita kehilangan kontrol kemudi atau ban selip. Cara terbaik memang dengan menghindari, namun jika sudah terlalu dekat akan sangat berbahaya untuk berbelok-belok menghindar. Sebaiknya kurangi kecepatan dan melintas secara perlahan.
Polisi tidur
Saat melewati polisi tidur, kurangi kecepatan dan lewati secara tegak lurus.
Jalan bergelombang atau berbatu - batu
Untuk melewati jalan seperti ini, gunakan gigi rendah dan melintas perlahan dengan hati-hati. Hindari memindah gigi dan berkendara dengan sedikit mengangkat pantat akan lebih memudahkan untuk menyeimbangkan kendaraan.
Melewati lempeng baja
Pada jalan yang sedang ada perbaikan gorong-gorong, kadang kita harus berjalan diatas lempeng baja contoh Perlintasan Kereta Api/Rel, penutup lubang saat perbaikan jalan dll. Jika kondisi basah dan sedikit berlumpur, lempeng baja akan menjadi sangat licin. Melintas dengan perlahan dan hati-hati.
Tumpahan oli
Oli yang tumpah dijalan sangat membahayakan karena dapat menghilangkan traksi ban, kemudi menjadi susah dikontrol. Saat melewati tumpahan oli, usahakan jangan sampai melewati dengan kondisi miring / berbelok. Lebih baik berjalan tegak lurus dan usahakan mengurangi kecepatan.
Kondisi hujan
Jalan yang basah membuat jarak pengereman menjadi lebih jauh. Jaga jarak lebih panjang agar terhindar dari tabrak belakang. Saat berbelok juga harus dalam kecepatan yang lebih rendah daripada saat kita melewati dalam kondisi kering.
Mungkin beberapa keterangan diatas dapat mengingatkan kita saat kita berkendara agar dapat berkendara secara aman.

Perisai itu diberi Nama SNI


Perisai itu diberi nama SNIUntung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Ragam cara dan kronologis kecelakan menghiasi lalu lintas. Kebanyakan korban kecelakaan banyak yang menderita luka dikepala. Banyak kecelakaan terjadi, memang sudah suratan, tapi motobikers harus ada ikhtiar.
Sejak 1 April 2010, Pemerintah memberlakukan wajib helm SNI (Standar Nasional Indonesia). Siapa saja yang melanggar aturan ini bisa dikenai sanksi kurungan maksimal satu bulan atau denda maksimal Rp 250 ribu. Hal ini Sesuai dengan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 57 dan pasal 106. Lalu apa keunggulan helm SNI sehingga demikian pentingnya digunakan?
Bahan  Material
Bahan helm harus  Dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, tidak berubah jika ditempatkan di ruang terbuka pada suhu 0 derajat Celsius sampai 55 derajat Celsius selama paling sedikit 4 jam dan tidak terpengaruh oleh radiasi ultra violet, serta harus tahan dari akibat pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya.

Bahan Pelengkap
Bersifat tahan lapuk, tahan air dan tidak dapat terpengaruh oleh perubahan suhu.  Bahan - bahan yang bersentuhan dengan tubuh tidak  terbuat dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau penyakit pada kulit, dan tidak mengurangi kekuatan terhadap benturan maupun perubahan fisik sebagai akibat dari bersentuhan langsung dengan keringat, minyak dan lemak si pemakai.

Konstruksi Helm
Helm terdiri dari tempurung keras dengan permukaan halus, lapisan peredam benturan dan tali pengikat ke dagu. Tinggi helm sekurang-kurangnya 114 milimeter diukur dari puncak helm ke bidang utama yaitu bidang horizontal yang melalui lubang telinga dan bagian bawah dari dudukan bola mata.  Tempurung terbuat dari bahan yang keras, sama tebal dan homogen kemampuannya, tidak menyatu dengan pelindung muka dan mata serta tidak boleh mempunyai penguatan setempat.

Peredam
Peredam benturan terdiri dari lapisan peredam kejut yang dipasang pada permukaan bagian dalam tempurung dengan tebal sekurang-kurangnya 10 milimeter dan jaring helm atau konstruksi lain yang berfungsi seperti jaring helm. Tali pengikat dagu lebarnya minimum 20 milimeter dan harus benar-benar berfungsi sebagai pengikat helm ketika dikenakan di kepala dan dilengkapi dengan penutup telinga dan tengkuk.

Tempurung
Tempurung tidak ada tonjolan keluar yang tingginya melebihi 5 milimeter dari permukaan luar tempurung dan setiap tonjolan harus ditutupi dengan bahan lunak dan tidak ada bagian tepi yang tajam.

Presisi
Lebar sudut pandang sekeliling sekurang-kurangnya 105 derajat pada tiap sisi dan sudut pandang vertikal sekurang-kurangnya 30 derajat di atas dan 45 derajat di bawah bidang utama. Helm SNI dilengkapi dengan pelindung telinga, penutup leher, pet yang bisa dipindahkan, tutup dagu.

Ventilasi Udara
Lubang ventilasi dipasang pada tempurung sedemikian rupa sehingga dapat mempertahankan temperatur pada ruang antara kepala dan tempurung. Helm dapat dipertahankan di atas kepala pengguna dengan kuat melalui atau menggunakan tali dengan cara mengaitkan di bawah dagu atau melewati tali pemegang di bawah dagu yang dihubungkan dengan tempurung.

Bagian-bagian dari Helm
Secara detail, helm SNI terdiri dari :
  1. Tempurung, yaitu bagian yang keras dan halus merupakan bagian paling luar dari helm
  2. Pelindung muka, yaitu bagian muka helm yang dapat melindungi sebagian atau seluruh bagian muka dan terbuat dari bahan yang bening
  3. Lapisan pelindung, yaitu lapisan bagian dalam yang dipasang dengan maksud untuk menyerap energi benturan
  4. Lapisan pengaman , yaitu lapisan lunak yang dipasang di bagian paling dalam dari helm untuk memberikan kenyamanan pada waktu digunakan dan juga berfungsi untuk melindungi kepala pemakainya
  5. Tali pemegang , yaitu bagian dari helm berupa tali yang dilengkapi dengan kunci pengikat yang berfungsi sebagai pengikat helm dengan kepala pemakainya sehingga tidak mudah lepas
  6. Tutup dagu adalah kelengkapan dari tali pemegang yang menutupi rahang bawah pemakai helm pada waktu tali pemegang dalam keadaan terkunci
  7. Pelindung mata, yaitu bagian dalam helm yang terbuat dari bahan bening dan berfungsi melindungi pemakainya
  8. Lubang ventilasi, yaitu lubang pada helm yang dibuat agar ada sirkulasi udara di dalam helm
  9. Lubang pendengaran, yaitu lubang pada helm yang terletak di bagian telinga sehingga pemakai tetap dapat mendengar pada waktu menggunakan helm
  10. Jaring helm yaitu bagian dari helm yang langsung bersentuhan dengan kepala, dan ukuran jaring helm dapat bersifat tetap atau dapat diubah-ubah pemakainya
  11. Tempurung helm dan lapisan pelindungnya harus menutupi bagian kepala dan diteruskan sekurang-kurangnya sampai pada kedua sisi dari kepala.
Bagian - bagian tersebut tidak akan kita temukan pada helm lain yang tidak memiliki standar, sehingga Teramat penting menggunakan helm SNI, walaupun kenyataannya banyak yang menyepelekan. Memakai helm sesuai peraturan bukan karena menghindari tilang, akan tetapi demi menjaga keselamatan motobikers sendiri.

Makin melesat aja nih si "Garpu Tala" . . ..
Semoga Yamaha semakin didepan . . .

Senin, 17 Oktober 2011

7 Peti Mati (7 Deadly Bins)


Artikel berikut adalah 7 skenario tabrakan yg didasari dari kecelakaan yg sebenarnya dimana si pengendara2 motor ybs tewas. Mereka tak sempat menerangkan apa yg salah, jadi dibuatlah skenario ini, menghindari maut dan tetap selamat dgn mempelajari kesalahan mereka.
Perpotongan Jalur Berbahaya (Junction Jeopardy)
Pembunuh nomor satu, tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dan berakibat serius, dapat terjadi pada siapa saja yg biasanya pengendara lain yg terlibat mengklaim bahwa mereka tak melihat ada motor datang, meskipun begitu pengendara motor bisa menghindari dgn defensive riding dan tetap awas.
Apa yg salah :
Pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan, ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun belok kanan/kiri.
Cara menghindar kesalahan :
  • jangan pernah mendahului dari kanan dimana bisa jadi ada kendaraan masuk/belok di jalur anda tanpa peringatan, dahului dari kanan bila jelas2 perpotongan jalur tsb bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
  • masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sen, tapi jangan menyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
  • tanyakan pada diri sendiri "sudahkah saya terlihat?", pastikan anda di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata, bila ragu2 siapkan yg terburuk.

Tikungan yg Kacau (Cornering Chaos)
Jujur saja, tewas ditikungan adalah mati konyol, karena bisa dihindari dan tak ada alasan yg pantas utk itu. Tetap hidup, dlm kasus ini sangat sederhana, berkendaralah dgn keterbatasan anda. Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tidak basah.
Apa yg salah :
Pengendara motor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal prediksi radius tikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung tikungan lalu berada di garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu dekat dgn jalur arah lawan dan gagal menikung dgn benar hingga panik (ada yg menurunkan gas dan mengerem) hingga ketika keluar tikungan motor malah lari jauh ke arah lawan hingga bertabrakan dgn kendaraan dari depannya.
Cara menghindar kesalahan :
  • rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa merubah jalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan bila ada tanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
  • masuki garis tikungan dgn penglihatan terbaik utk melewatinya - bukan garis tikungan balapan, dgn menyisakan ruang antara anda dan kendaraan dari arah lawan.
  • jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada kendaraan lain), jangan panik, karena panik bisa membuat motor hilang kendali.

Mendahului yg Kebablasan (Overtaking Oblivion)
Tabrakan ketika mendahului adalah kasus paling banyak ke tiga dlm kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa mendahului kendaraan yg melaju lebih lambat.
Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya hingga banting setir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata didepan kendaraan tsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor berusaha melewati keduanya, karena salah perhitungan dan salah atur jarak lalu keluar jalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak lagi utk pindah jalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dari arah lawan.
Cara menghindar kesalahan :
  • kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan gak sabaran, terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan terbaik kearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk menaikkan akselerasi.
  • perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 yg berpotensi bahaya? jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului!, karena sebentaran saja anda dapat lagi kesempatan utk mendahului.
  • lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain seluas mungkin.

Pemilahan yg Rusak (Filtering F**k-Up)
Bisa memilah melaju melewati kendaran2 di jalanan yg ramai adalah praktis maju yg terbesar dalam mengendarai motor sekaligus berbahaya.
Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu cepat di jalur 2 atau 3 dgn estimasi kecepatan 45kpj lebih cepat dari kendaran lain disekitarnya yg akan didahului, tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat didepannya hingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan terjadilah tabrakan.
Cara menghindar kesalahan :
  • berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti atau bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15kpj dari kendaraan lain disekitar yg akan didahului.
  • duduk tegak dan fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda2 yg berpotensi bahaya, awas terhadap lampu2 sen kendaraan lain, perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll, sisakan ruangan antara anda dan kendaraan lain.

Berkendara kelompok yg Berdukacita (Group Riding Grief)
Berkendara dgn teman2 bisa menyenangkan sekaligus dapat menimbulkan masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus kecelakaan bermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang yg tidak bisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor beresiko kecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.
Apa yg salah :
4 motor atau lebih berkendara kelompok, dgn 3 motor di belakang sebuah kendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb sekalgus di belakang kendaraan lain, satu dari 3 motor dibelakang mencoba mendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului kendaraan didepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor yg dibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.
Cara menghindar kesalahan :
  • kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2 kelompok berkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan memberi ruang gerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa aksi dan manuver yg akan mereka lakukan.
  • beri kejelasan terhadap teman2 kelompok berkendara di sekitar anda bila anda ingin bermanuver, menolehlah dan beri tanda2 yg jelas.
  • ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2 kelompok berkendara di sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak yg cukup. jika mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului anda dgn motor yg ada didepan.

Tragedi Putaran (Turn Tragedy)
Ada beberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi tetaplah berhati-hati.
Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur).
Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dari arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.

Tabrakan belakang (Rear-end Wreck)
Melaju kencang di belakang kendaraan lain sepertinya terdengar bodoh ya? bisa jadi, tapi mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor dalam 9 grup contoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil.
Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn "pemandangan" yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.
Kenali rem motor anda, banyak pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka, sering2 lah tes rem mendadak dan kuat rem motor anda di empat yg sepi dan beraspal bagus utk mengetahui seberapa cepat motor anda berhenti, jangan berhenti mencoba pada tes pertama, terus lah mencoba, usahakan berangsur angsur hingga didapatkan perhentian yg maksimal.

Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial)
Kecelakaan tidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua
kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :
Mobil
  • gagal melihat dgn semestinya 18%
  • gagal memutuskan10%
  • kecerobohan 9%
  • manuver yg buruk 8%
  • kehilangan kendali 8%
Motor
  • kehilangan kendali 14%
  • gagal melihat dgn semestinya 14%
  • gagal memutuskan10%
  • manuver yg buruk 10%
  • kecerobohan 9%

Artikel investigasi khusus ini disadur bebas dari kolom Feature "Stop Crashing" Superbike Magazine edisi April 2007 halaman 62, berjudul
"7 Deadly Bins and How to Avoid them", ditulis oleh Dave Bradford, foto oleh Graeme Brown & ilustrasi oleh Huw Williams.

(ditranslate oleh bro Alvie)

Safety Riding.. Apaan Sih ?

Kondisi seperti saat ini membuat sepeda motor menjadi pilihan paling praktis dan ekonomis sebagai alat transportasi baik pribadi maupun keluarga. Kemampuan melalui jalan yang relatif kecil (selap selip) seakan membuat motor menjadi kendaraan ?bebas macet? dan efektif, sementara itu juga konsumsi BBM yang sangat irit membuat kendaraan ini sangatlah ekonomis.
Namun sayang juga ketika demikian mudahnya memperoleh sepeda motor, tetapi tidak dibarengi dengan kesadaran untuk belajar berkendara dengan baik dan aman. Masih banyak kita lihat orang mengendarai motor dengan sekencang - kencangnya, atau sangat lambat dan lain-lain yang membahayakan dirinya juga orang lain disekitarnya. Menurut survey tim safety riding course, lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh faktor manusia itu sendiri, selain faktor kendaraan dan lingkungan.
Mungkin disinilah perlunya kita ikut suatu klub motor. Apakah itu klub motor sejenis maupun klub motor berbagai merek, yang penting adalah klub yang bisa membina kita menjadi bikers yang baik dan tertib. Klub motor yang baik salah satunya adalah klub yang peduli dengan keselamatan dan keamanan berkendara. Beberapa klub yang saya kenal, melakukan acara khusus untuk melatih dan memberi pencerahan tentang keselamatan dan keamanan berkendara. Bahkan untuk menggelar acara tersebut dilibatkan juga beberapa vendor sebagai sponsor, yang artinya semua sepakat akan pentingnya keselamatan.
Safety Riding ! Sama halnya dengan istilah Safety Driving bagi pengguna mobil, istilah Safety Riding mengacu kepada perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain.
Dalam pelatihan Safety Riding, disajikan dalam teori dan praktek. Umumnya dalam teori dijelaskan seputar keselamatan berkendara, pentingnya pemanasan tubuh saat hendak berkendara, kesiapan kendaraan, posisi berkendara yang ideal, dan lain-lain.
Kesiapan berkendara yang diperlukan untuk sepeda motor antara lain:
  • Sarung Tangan, sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap keringat serta tidak licin saat memegang grip/handle motor.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan baik kecil maupun besar.
  • Helm (minimal Half Face), sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala, poin inilah yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm ?catok? dan sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki.

Secara umum untuk pelatihan praktek Safety Riding diajarkan:
  • Teknik pengereman, dengan hanya mengandalkan rem depan, rem belakang, dan kombinasi keduanya. Teknik ini untuk membiasakan bikers untuk membedakan fungsi dua sisi rem saat hendak berhenti ber-akselerasi.
  • Teknik ?slalom?, dengan cone di lintasan. Teknik ini untuk melihat kemampuan peserta menikung dengan cepat dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya.
  • Teknik berjalan di lintasan ala ?bumpy-road?, teknik ini untuk membiasakan bikers untuk memberi kenyamanan saat jalan tidak mulus atau bergelombang.
  • Teknik berkendara di lintasan lurus dan sempit, berupa bilah dengan asumsi kendaraan berjalan di jalan kecil dan diliputi kemacetan. Teknik ini untuk membiasakan diri bagi bikers untuk tetap dapat melakukan handling tanpa menurunkan kaki dalam kecepatan rendah.

Perangkat keamanan semacam decker lutut dan siku plus helm menjadi wajib untuk peserta pelatihan Safety Riding.
Dari materi-materi seperti inilah diharapkan muncul niatan dari para pengendara untuk membiasakan diri sendiri memberi upaya keselamatan berkendara. Gampang-gampang susah, itu ternyata pendapat yang muncul di benak peserta setelah semua sesi praktek dilapangan dilakukan. Dari sekian banyak poin yang dipelajari peserta semua memiliki arti masing-masing dengan kesimpulan bahwa keselamatan berkendara amatlah dibutuhkan untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan. Ya ! Semua dimulai dari diri sendiri, alangkah baiknya jika hasil kursus singkat ini dapat dibagi dengan rekan-rekan lain sesama pengendara.
Buktikan bahwa kita mampu berkendara dengan baik, tidak sembrono, tidak ugal-ugalan, patuh lalu-lintas, dan menghormati sesama pengguna jalan serta memberi contoh positif kepada sesama pengguna jalan.

Tetap Fit Selama Berkendara

Sebagai motobiker, sering kali lupa bahwa sehari - hari kita membawa harta yang paing mahal dalam hidup ini. Harta termahal itu bernama kesehatan. Aktifitas riding sceara rutin tentunya akan berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Selain perilaku Safety Riding ada juga tips berkendara yang kali ini tentang pengaruh kesehatan bagi motobikers dan bagaimana cara mengantisipasinya.
Seringkali perjalanan jauh hingga 6 - 8 jam diatas motor membuat kondisi badan seperti "remuk". Memang tidak mudah menuntut kondisi fisik untuk selalu prima, tapi paling tidak motobiker mengetahui bagaimana caranya utnuk mengantisipasi kecelakaan yang diakibatkan menurunnya kesehatan selama berkendara. Tips ini sederhana dan layak dipraktekan. Yuks, dibaca, disimak dan diterapkan.

1. Cegah Kelelahan
Untuk mencegah fatigue atau kelelahan karena melakukan riding rutin harian atau jarak jauh, lakukan pemanasan minimal 2 menit dengan lari - lari kecil untuk melemaskan otot. Tujuannya untuk menghindari rasa pegal - pegal pada bagian pinggang, tangan, kaki dan persendian.
2. Istirahat
Aktifitas riding jarak jauh maksimal 2 jam riding nonstop. Biasakanlah istirahat sejenak dselingi pelemasan, jangan lupa sesuaikan posisi mengendarai motor dengan postur tubuh. Misalnya menyesuaikan posisi stang yang tinggi dan tidak membungkuk, agar dapat membuat posisi riding lebih nyaman. Biasakanlah tidak menekuk punggung selama perjalanan agar tidak cepat lelah.
3. Celana Dalam
Pada saat melakukan aktifitas riding jarak jauh, disarankan tidak memakai celana dalam yang ketat. Tujuannya agar mencegah alergi kulit yang bisa timbul. Pakailah celana hawaii atau celana berbahan katun yang longgar dan fleksibel.
4. Masker
Perhatikan kebersihan hidung, pakailah masker dengan filter udara (jika memakai helm half face) dan selalu bersihkan hidung setiap sesudah riding.
5. Cuci Mata
Cuci mata disini adalah dalam arti yang sebenarnya dan bukan berarti lihat perbelanjaan. Mata akan semakin beresiko kotor jika memakai helm yang memungkinkan udara untuk masuk ke muka. Biasakan bersih - bersih mata dengan boor water atau obat tetes mata secara rutin, paling tidak seminggu sekali, ketika mata perih atau setelah melakukan perjalanan jauh.
6. Perlindungan LeherBiasakan memakai masker atau balaclava yang bisa menutupi leher dan tengkuk yang terbuka antara helm dan jaket. Tujuannya untuk menghindari kotoran berupa debu yang menempel ke leher, jika dibiarkan kotoran tersebut bisa menjadi daki atau alergi kulit lainnya.
7. Keringat dan Jaket
Meskipun hanya duduk diatas motor, badan motobiker pasti berkeringat, apalagi saat melakukan riding jarak jauh. Hal ini bisa menimbulkan gatal dan rasa tidak nyaman. Solusinya, sesuaikan jaket dengan cuaca. Jika cuaca panas, pakailah jaket yang memungkinkan aliran udara masuk agar ada sirkulasi udara. Pada saat mandi bersihkan persendian dan lipatan kulit lainnya secara intensif, untuk mengangkat kotoran dan sisa keringat.
8. Ngantuk kok Riding?
Jangan melakukan aktifitas berkendara langsung, terutama ketika baru bangun tidur, karena kesadaran belum penuh dan panca indra belum siap. Lakukan pemanasan dengan olahraga kecil untuk melenturkan seluruh otot persendian.
9. Maki - maki atau Ngopi?Aktifitas riding rutin setiap hari, pasti banyak menemukan masalah di jalan. Apalgi di Jakarta dan kota - kota besar lainnya, banyak orang yang asal - asalan membawa sepeda motornya. Jangan terpancing emosi, tetap sabar. Kalaupun terpancing emosi dan merasa sebal, luapkan sesekali dengan cara mengumpat dibalik helm. Kalu masih sebal juga, silahkan minggir di tempat yang aman dan teduh, kemudian cari minuman, kopi misalnya untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Jumat, 14 Oktober 2011

Memaksimalkan Fitur-fitur Winamp

Winamp adalah sebuat software yang digunakan untuk memainkan sebuah file media baik itu berupa suara ataupun video. Ketenaran software ini memang sudah tak diragukan lagi. Hampir semua orang menggunakan software ini di PC mereka. Namun kebanyakan orang hanya mengetahui fungsi "winamp" hanya sebagai pemutar musik saja.

Namun, sebenarnya bila kita tahu winamp bukan hanya sebagai pemutar musik saja. Banyak fitur-fitur lain yang bisa kita maksimalkan dari winamp. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas fitur-fitur apa saja yang bisa dimaksimalkan pada winamp. Berikut ini beberapa fitur winamp yang bisa kita maksimalkan :

1. Merubah tampilan skins winamp
 
Winamp mempunyai kelebihan jika dibandingkan media player lain. Winamp memiliki fitur bisa merubah tampilan skins nya. Bagi yang berminat ingin mendownloadnya bisa downoad disini. 
Winamp juga mempunyai fasilitas bisa membuat skins kreasi anda sendiri. Jika ingin Mencoba membuat skins kreasi anda sendiri, bisa buka link disini.

2. Menampilkan Chord Gitar lagu Favorit anda
Bagi anda yang suka bermain gitar, tetapi tidak tahu apa chord lagu favorit anda, maka manfaatkan fitu ini. Fitur yang bernama "easy cord" ini mampu menampilkan chord lagu yang anda inginkan. Tinggal klik lagu yang anda ingin ketahui chord nya pada jendela playlist, lalu klik "get chord" tunggu sampai proses selesai. bila yang ingin download softwarenya klik disini.

3. Menampilkan lirik lagu
Software ini cocok sekali bagi anda yang suka menyanyi. Bisa menampilkanlirik dari sebuah lagu baik lagu dalam negeri maupun luar negeri. Tetapi anda harus terhubung dengan internet terlebih dahulu untuk mendownload lirik lagu yang anda inginkan. Download disini jika anda inginkan software ini.

4. Memaksimalkan kualitas suara

Bagi anda yang kurang puas dengan kualitas suara yang dihasilkan winamp, mungkin bisa mencoba software ini. Software ini bernama DFX for winamp. Bagi anda yang menginginkan software ini bisa download disini. Software ini mampu memperbaiki kualitas suara pada winamp. Kita bisa mengatur bass dan treble sesuai yang kita inginkan. Jadi bagi anda yang kurang puas dengan suara yang dihasilkan winamp tak ada salahnya mencoba software ini.

Ituah beberapa fitur yang bisa dimaksimalkan pada software winamp ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar anda.




Otak adalah bagian terpenting dari tubuh. Semua aktifitas yang kita lakukan telah terprogram dengan baik di dalam otak. Otak tersusun atas milyaran sel yang mempunyai fungsi masing-masing. Salah satu fungsi otak yang sangat penting adalah sebagai organ yang digunakan untuk berfikir dan mengingat.
Namun, kemampuan otak setiap individu berbeda. Ada yang daya ingatnya kuat, ada yang daya ingatnya lemah. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor diantaranya usia, gizi, kebiasaan dan yang lainnya. Jika otak kita terus diasah dan mendapat nutrisi yang cukup, kemungkinan kinerja otak kita bisa meningkat. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak kita :

1. Biasakan Makan Teratur.
Otak membutuhkan suplai energi yang cukup untuk memaksimalkan kinerjanya. Sama dengan organ tubuh yang lain, apabila tidak ada energi maka kinerjanyapun akan menurun. Maka usahakan makan secara teratur sesuai pada waktunya untuk mensuplai energi pada tubuh kita, terutama otak kita.

2. Istirahat yang Cukup.
Kita tahu bahwa sesuatu butuh waktu untuk istirahat untuk mengembalikan kondisi dari kelelahan kembali menjadi bugar kembali. Contohnya jika anda lelah berlari, maka anda akan melakukan istirahat. Begitupun dengan otak kita, jangan kita paksa otak kita untuk berfikir terus menerus. Kasih waktu untuk istirahat yang cukup. Jangan berlebihan pada waktu istirahat, karna hanya akan membuat organ kita semakin malas terutama otak.

3. Hindari Rokok.
Menurut beberapa pendapat, asap rokok mengandung racun berbahaya yang mampu menyusutkan fungsi otak kita. Tak jarang para perokok baik aktif maupun pasif banyak yang menderita pikun. Hal ini mungkin dikarenakan fungsi otak yang menurun akibat asap rokok. Selain itu, asap rokok juga mengganggu suplai oksigen segar ke otak kita.

4. Hindari Alkohol
Kita semua tahu, bahwa minuman beralkohol mampu membawa peminumnya ke dalam fikiran tidak sadar mereka. Dalam agama pun alkohol juga dilarang karena bisa merusak syaraf dan pikiran kita, sehingga seakan kita terkesan seperti orang gila. Oleh karena itu hindari minuman berlalkohol.

5. Olahraga Teratur.
Olahraga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh kita, termasuk juga otak. Tapi ingat berolahragalah teratur, jangan terlalu jarang atau bahkan berlebihan karena justru akan membuat organ kita tidak terbiasa dengan olahraga.

Itulah tips yang mungkin bisa anda coba dirumah. semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber : http://pirlyyyy-dot-com.blogspot.com/2011/10/tips-memaksimalkan-kinerja-otak.html

Rabu, 12 Oktober 2011

Yamaha Tetap Pimpin Penjualan Motor Sport

Yamaha VixionJAKARTA - Yamaha masih tetap merajai pasar motor sport Indonesia. Dengan penjualan sebanyak 246.739 unit sepanjang Januari hingga September 2011, jumlah ini adalah yang tertinggi di kategori motor sport Indonesia.
Penjualan motor sport Yamaha di bulan September tahun ini menyumbang 28.992 unit yang diperoleh dari Byson yang terjual 5.181 unit, V-Ixion 20.843 unit dan Scorpio 2.968 unit. Dibandingkan bulan Agustus ada kenaikan sebanyak 1.156 unit di bulan ini.
Yang menggembirakan lagi, jika membandingkan penjualan motor sport Yamaha di bulan Januari hingga September tahun 2010 dengan 2011, tercatat ada kenaikan 38,24 persen atau 68.256 unit. Dalam kurun penjualan selama 9 bulan di tahun ini, V-Ixion memberikan kontribusi tertinggi di kategori sport dengan jumlah yang terjual 185.864 unit.
Tetap merajanya Yamaha di kategori motor sport didukung penerimaan pasar yang khususnya menempatkan V-Ixion sebagai motor sport ideal. Ditunjang facelift yang dilakukan Yamaha bulan Juni lalu dengan warna baru putih mengikuti tren serta striping baru terinspirasi R1, V-Ixion semakin dicintai konsumen Indonesia. Apalagi V-Ixion sudah dilengkapi Automatic Headlight On (AHO) sehingga ikut mendukung keselamatan berkendara. Sejak dikeluarkan di 2007 hingga September 2011 ini penjualan V-Ixion mencetak angka fantastis sebanyak 730.351 unit.
Pengakuan akan kualitas motor sport Indonesia juga diapresiasi melalui berbagai penghargaan yang diraih Yamaha tahun ini. Yaitu Digital Marketing Award untuk Great Performing Brand in Social Media kategori sport (V-Ixion), Indonesia Customer Satisfaction Award di kategori sport, Indonesia Best Brand Award kategori motor sport sebagai Most Valuable Brand In Indonesia, best motor sport dari Word of Mouth Marketing (WOMM) Award (V-Ixion), Top Brand Award (Frontier & Majalah Marketing) untuk kategori best motor sport, Otomotif Award  untuk The Best Feature & Technology dan The Best Fuel Consumption (V-Ixion).
Teknologi Fuel Injection (F1) pada V-Ixion juga menjadikannya sebagai motor sport nomor satu kebanggaan Yamaha. F1 membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat dan awet. Irit karena injektor menyuplai bahan bakar ke mesin berdasarkan kebutuhan mesin. Iritnya penggunaan bensin dan ketangguhannya membuat para pengendara V-Ixion biasanya membawanya menempuh jarak jauh.

Yamaha semakin didepan . . .

Selasa, 11 Oktober 2011

Bahaya Blind Spot bagi Motor




Blindspot adalah area di sekitar kita yang tidak dapat terlihat pada saat kita mengemudi. Hal ini bisa disebabkan karena batasan pandangan cermin / kaca spion maupun karena terhalang oleh pilar konstruksi mobil atau juga karena barang / muatan yang kita bawa.
Blindspot  adalah potensi bahaya saat kita berkendara, dimana sangat mungkin terjadi kita menganggap tidak ada kendaraan lain di sekitar kita, padahal kendaraan lain itu ada dan cukup dekat.
Desain kaca spion ada yang datar, ada yang cembung, dan ada yang mengkombinasi keduanya. Ini bertujuan untuk memperbaiki faktor Blindspot yang terjadi.
Gambar di bawah memperlihatkan area yang dapat dilihat oleh pengendara mobil,.. selebihnya bisa dikatakan sebagai Blindspot, karena tidak terlihat melalui kaca spion.



Apa yang terlihat di kaca spion mobil, kira2 seperti pada gambar di bawah ini.



BAHAYA BAGI MOTOR

Ukuran motor yang lebih kecil dari mobil membuat bidang blindspot menjadi potensi bahaya yang lebih besar.
Padahal yang terjadi di jalanan, motor selalu memanfaatkan celah menyusup untuk menyusul, sering terjadi kecelakaan, motor terjepit atau terserempet mobil yang kebetulan akan berbelok.
[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]
[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

TIPS!

SEGERA KELUAR DARI AREA BLINDSPOT!

Usahakan untuk segera keluar dari area Blindspot. Area ini berada sekitar satu meter jaraknya dari badan mobil/truk/bus, tepat sejajar dengan pengemudi, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

UNTUK PENGENDARA MOTOR:

  • Usahakan untuk tidak berada di samping mobil/truk/bus, karena besar kemungkinan si pengendara mobil/bus/truk tidak melihat keberadaan Anda.
  • Bunyikan klakson saat mendahului mobil/truk/bus agar pengemudi mobil/bus/truk mengetahui Anda berada di dekatnya.
  • Jangan pernah beranggapan bahwa pengemudi mobil/truk/bus mengetahui keberadaan Anda.

UNTUK PENGENDARA MOBIL/BUS/TRUK:

  • Biasakan ketika sebelum berbelok atau pindah jalur, usahakan untuk memastikan bahwa di samping kendaraan kita tidak ada kendaraan lain. Yang paling aman adalah dengan menoleh langsung sejenak ke area yang tidak terlihat melalui kaca spion.
  • Gunakan BlindSpot Mirror untuk melebarkan daya pandang kaca spion kendaraan kita.

Kejadian yang sering terjadi di jalan adalah seperti ini:

  1. Mobil sudah menyalakan lampu sign untuk berbelok/menepi, tetapi tidak diperhatikan oleh motor
  2. Motor pada posisi di area blindspot, sehingga pengemudi mobil tidak melihat adanya motor di sebelah mobilnya.
  3. Motor tergiring terpepet ke kiri. Jika ada trotoar atau dinding, tentunya motor akan terjepit.
 

Perkenalan

Salam perkenalan untuk blog pertama saya
keep brotherhood

Sabtu, 01 Oktober 2011

Tips Rawat Burung Selama Ditinggal

Bingung bagaimana meninggalkan burung dalam waktu lama? Ya, tentu Anda sedang berpikir bagaimana caranya meninggalkan burung selama Anda berlebaran keluar kota. Pada dasarnya, burung adalah makhluk bernyawa, dan sangat berisiko mati jika kekurangan pakan dan air, atau airnya kotor sehingga meracuni burung jika terminum, bahkan voer yang berjamur juga sangat berbahaya bagi kesehatan burung.

Begitulah Om dan Tante semua, pada dasarnya burung tidak bisa ditinggal berlama-lama karena banyak risikonya. Entah dalam urusan pakan dan kebersihan kandang maupun kemungkinan dirambah tikus, kucing, cicak, tokek dan lain-lain. Lantas bagaimana?

Seorang teman Semarang bertanya ke saya via SMS “Mas ada tips ndak untuk MB yang mau ditinggal 10 hari mudik? Tahun lalu 6 hari saya taruh 1 cepuk besar kroto+voer, 1 cepuk besar jangkrik 50 ekor, 1 cepuk besar ulat hongkong bisa selamat. Tapi kalau 10 hari belum tahu.” Saya pun menjawab “Didol sik, suk dituku meneh hehehehe. Ora ana…. pasti harus ganti air dan voer. Kalau jamuren, burung KO. Titipke nang Pak Tolib Karimata, paling suk ngeke’i duwit pira ngono”. (Dijual dulu, sehabis Lebaran dibeli lagi hehehe. Tidak ada… pasti harus mengganti air dan voer. Kalau berjamur, burung KO. Titipkan di Pak Tolib Karimata, dan kasih uang berapa begitu…”)

Memang banyak cara yang pernah dilakukan penghobi untuk “menyelamatkan” burung selama ditinggal mudik. Tetapi apapun caranya, saya tidak akan menganjurkan Anda untuk menumpuk makanan dan air minum sebagai stok pakan dan minum selama beberapa hari. Banyak yang sukses melakukan cara itu, tetapi banyak juga yang akhirnya burung tewas atau sakit gara-gara meminum air bercampur jamur atau makanan basi yang juga pasti berjamur.

Kalau memang terpaksa meninggalkan burung tanpa perawat, maka pastikan bahwa wadah air minum yang Anda gunakan adalah wadah air minum yang seminimal mungkin bisa mencegah kemungkinan kemasukan kotoran burung dan pada saat yang sama air tidak mudah tercemar. Wadah seperti itu banyak dijual di pasar burung. Sayang sekali, saya tidak punya fotonya. Tetapi kira-kira adalah seperti ini:


wadah pakan atau minuman burung yang relatif bebas kotoran


Dengan wadah seperti ini, air atau voer atau bijian akan turun secara perlahan sesuai pengurangan yang terkonsumsi burung.

Hanya saja, wadah pakan atau minum burung seperti itu biasanya berukuran kecil dan Anda harus memasang beberapa wadah baik untuk minuman ataupun voer/bijian. Agar Anda yakin bahwa wadah air minum bisa menampung banyak air, maka Anda bisa menggunakan wadah air minum yang biasa digunakan dalam pemberian air minum anak ayam. Gambarnya seperti di bawah ini:


Gambar wadah minum burung selama ditinggal mudik


Usahakan permukaan air minum berada dekat tetapi di sebelah atas tangkringan agar burung mudah minumj air di dalamnya tetapi wadah tidak akan terkena kotoran burung. Dan pastikan juga pada bagian atas wadah tersebut tidak memungkinkan burung bisa bertengger di sana.

Agar lebih aman, Anda bisa menutup sebagian wadah air minum (pada bagian plastik warna merah) dengan plastik kemudian diisolasi dan diberi lubang sebesar kepala burung. Dengan demikian, air bisa lebih kecil berisiko terkena kotoran burung.

Sementara untuk wadah pakan, Anda bisa menggunakan wadah pakan ayam dengan model atau cara kerja seperti wadah air minum di atas. Gambarnya ada di bawah ini (cari yang ukuran kecil):


Wadah pakan burung selama ditiggal mudik

Bagaimana dengan wadah pakan ekstra seperti jangkrik atau kroto atau buah? Menurut saya, karena pakan ekstra semacam itu berisiko busuk, sebaiknya selama ditinggal pergi hanya diberikan sehari atau paling lama dua hari habis. Untuk buah misalnya, jangan kebanyakan karena ketika sudah berjamur, sangat berisiko menyebabkan burung sakit jika memakannya.

Bagaimana jika di sekitar Anda tidak tersedia wadah pakan dan minum seperti itu? Anda bisa merancangnya sendiri menggunakan tabung bambu atau botol bekas air minum dalam kemasan. Persiapkan sejak dini, dan Anda pasti bisa membuatnya.

Dikerodong atau tidak?

Demi keamanan burung dari gangguan luar, sebaiknya burung Anda kerodong tetapi gunakan kerodong transparan yang tidak terlalu gelap agar burung tidak tersiksa berada di kegelapan terus menerus.

Bagaimana alternatif lain yang lebih aman?


1. Titipkan ke teman atau penjual burung yang bisa Anda percaya, dan berikan uang untuk pembelian pakan dan berikan lagi ketika Anda mengambilnya sebagai uang jasa penitipan.

2. Jika memungkinkan, kirim burung-burung piaraan Anda duluan ke tempat tujuan Anda mudik dan minta saudara atau teman di sana menerima dan merawatnya.

3. Titip-jual ke penjual burung dengan perjanjian jika Anda pulang dari tempat mudik (sudah balik) burung Anda beli lagi dengan memberi keuntungan sewajarnya kepada pembeli burung Anda.

Atau Anda punya saran lain yang lebih bagus? Ayo dong bagi-bagi tips….

Salam mudik, salam dari Om KIcau
http://omkicau.com/2011/08/22/tips-r...an/#more-37200